Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Tunagrahita Ringan SMALB di SLB Negeri I Gowa

Tatiana Meidina(1*), Agus Marsidi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar berbasis cerita lokal untuk meningkatkan kemampuan  membaca  pemahaman  siswa tunagrahita ringan SMALB  DI SLB Negeri I Gowa. Tujuan penelitian 1). menghasilkan karakteristik media buku cerita bergambar berbasis budaya lokal yang sesuai dengan siswa tunagrahita SMALB di SLB Negri I Kabupaten Gowa;  2). Mendeskripsikan desain produk berupa media buku cerita bergambar berbasis budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan 3). Mengetahui efektifitas produk berupa media buku cerita bergambar berbasis budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan ( research and development.   Kesimpulan hasil penelitian adalah; 1)Pengembangan media buku cerita bergambar berbasis cerita lokal dengan karakteristik sebagai berikut : (a). sesuai dengan karakteristik dan tingkat kemampuan siswa; (b) disajikan dengan menggunakan bahasa yang sederhana; (c). dilengkapi visualisasi konsep dengan illustrasi yang berwarna: 2) Desain media buku cerita bergambar berbasis budaya lokal disusun melalui dengan melalui tahapan-tahapan yaitu tahapan penyusunan desain, vasidasi produk, revisi produk hasil validasi 3).Hasil uji coba terbatas  menunjukkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman setelah digunakan media buku cerita bergambar berbasis budaya lokal

 

Kata Kunci: Buku, Bergambar, lokal


Full Text:

PDF

References


Christian Eugene Ekoto, & Prema Gaikwad. (2015). The Impact of Andragogy on Learning Satisfaction of Graduate Students. Science & Education Publishing, Vol. 3, No. 11, 1378-1386. https://doi.org/10.12691/education-3-11-6

Greiner, K. (2000). A Study of Academic Service Quality and Instructional Quality in a Midwestern Higher Education Environment.

Hennig, T, Langer, M. F., & Hansen, U. (2001). Modeling and managing student loyalty, 4, 331–344.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19. (2005).

Sanjaya W. (2005). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sopiatin, popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia.

TEAL Center. (2011). Adult Lerning Theories. TEAL Center.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 389 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.