Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Nirmana 2 Berbasis Adobe Flash dan Interaktif Animasi 3D

Agussalim Djirong(1*), Aswar Aswar(2), Hasan Hasan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian yang dilakukan adalah merupakan jenis penelitian kualitatif berbasis Research and Development dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Nirmana 2 Berbasis Adobe Flash Dan Interaktif Animasi 3 dimensi” bertujuan untuk merancang satu jenis media interaktif berbasis 3 dimensi dan berorientasi pada pengembangan metode mengajar. Perancangan media interaktif ini difokuskan pada mata kuliah nirmana 2 (3 dimensi) sebagai obyek penelitian. Dari hasil studi pendahuluan, ditemukan beberapa permasalahan dan peluang untuk merancang suatu media secara interaktif terkait dengan penggunaan media yaitu adanya rombongan belajar yang terdiri dari 33 mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran mata kuliah nirmana 2, adanya 1 dosen yang mengajarkan mata kuliah tersebut, serta adanya penggunaan media powerpoint dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan untuk menemukan makna pada permasalahan dan peluang tersebut yaitu: Research and Development dengan merujuk pada 10 model tahapan. Namun dalam penelitian ini dibatasi pada 9 model tahapan dengan alasan bahwa pengembangan media interaktif berbasis 3 dimensi ini hanya sebatas pada uji coba produk. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelian ini adalah adanya produk akhir berupa media interaktif berbasis 3 dimensi yang sudah divalidasi melalui tahapan uji materi dan uji media.

Kata Kunci: Media, interaktif, animasi 3 dimensi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara hlm.313.

Adobe Systems, f. M. (2018, Agustus -www.adobe.com/flashplatform.Retrieved Januari Selasa,2018,fromhttps://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash: www.adobe.com

Carey, W. D. (1978). The Systematic Design Of Instruction. USA: dikutip dalam Proposal Tesis Husni Mubarok Pengembangan Media Ajar Berbasis Autoplay dalam pembelajaran PKN Kelas III di SDI As-Salam Malang.

Fatimah, D. (2013). Studi Evaluasi Penerapan Mata Kuliah Nirmana I dan II pada Tugas Perancangan Mahasiswa Program Studi Interior Unikom. Majalah Ilmiah UNIKOM , Vol.13 No. 2.

Mussahada, M. H. (2010). Membuat Company Profile dengan Adobe flash. Yogyakarta: Skipta Media Creative.

Mengko, R. (2019). Tahap Revolusi Industri Sampai ke Era 4.0. Bandung: presentasi Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sanyoto, S. E. (2005, Januari Senin). Sumber : Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, Yogyakarta. Retrieved Januari Selasa, 2018, from http://staffnew.uny.ac.id: https://id.search.yahoo.com

Sugioyono. (2010). Metode Penelitian Kuatitatif & kualitatif R & D. . Bandung: Bandung Alpabeta hlm. 93.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.