Penerapan Metode Estafet Writing dalam Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Gambar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Gowa

Wahyu Kurniati Asri(1*), Ambo Dalle(2), Laelah Azizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penerapan Metode Estafet Writing dalam keterampilan menulis karangan Bahasa Jerman berdasarkan gambar siswa SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hasil penerapan metode Estafet Writing dalam keterampilan menulis karangan Bahasa Jerman berdasarkan gambar siswa SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan berbicara siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis bahasa Jerman untuk SMAN 1 Gowa pada siklus I adalah 48,63 atau 48,63 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 72,56 atau 72,56%. Peningkatan juga dirasakan oleh siswa SMAN 8 Gowa yaitu pada siklus I adalah 46,88 atau 46,88 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,81 atau 78,81%. Hal yang sama juga dirasakan oleh siswa SMAN 10 Gowa yaitu terjadi peningkatan yaitu pada siklus I adalah 44, atau 44,09 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,81 atau 78,81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung dalam dua siklus pada masing-masing sekolah terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada keterampilan menulis karangan bahasa Jerman siswa dengan menggunakan metode Estafet Writing.

 

Kata kunci : Metode Pembelajaran, Estafet Writing, Menulis

 


Full Text:

PDF

References


Asri, Wahyu Kurniati, (2018). Penerapan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Kabupaten Takalar. Penelitian, Lemlit UNM.

Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa. Jakarta: Indeks

Heriawan, A., Darmajari., & Senjaya,A. (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoritis praktis. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Quadra.

Mantasiah, R. (2018, June). Pay It Forward Model in Foreign Language Learning to Increase Student’s Self Efficacy and Academic Motivation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, No. 1, p. 012178). IOP Publishing.

Mantasiah, R., Amir, A., Yusri, Y., & Anwar, M. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Tata Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3(2).

Mantasiah, R., Yusri, Y., Syaputra, A. F., Angreany, F., Hasmawati, H., & Anwar, M. (2019, December). Assessing Mistake Potential in Writing German Passive Sentences (An Approach of Language Error Analysis). In Seminar Nasional LP2M UNM.

Mantasiah, Y. J. (2018). The development of grammar teaching material using error and contrastive analysis (A linguistic approach in foreign language teaching). TESOL International Journal, 13(3), 9-18.

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Syathariah, S. (2011). Estafet Writing (Menulis Berantai). Yogyakarta: LeutikaPrio.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. (2018). The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.

Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & Mantasiah, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.