Analisis Faktor Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Keahlian Akuntansi SMK Negeri I Pangkep

Sahade Sahade(1*), Nurdin B.(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) SMK Negeri 1 Pangkep
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor  pengelolaan  kelas yang mempengaruhi minat belajar siswa keahlian akuntansi, Variabel penelitian ini adalah faktor pengelolaan kelas dan minat belajar siswa keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Bungoro  Kabupaten Pangkep.  Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan alat analisis  deskriptif kualitatif dan analisis regresi untuk mengetahui sejauhmana faktor-faktor tersebut berpengaruh. Adapun populasinya seluruh siswa/siswi kelas XI Program Keahlian Akuntansi yang berjumlah sebanyak 144 orang. dan sampelnya sebanyak 59 orang siswa/siswi dengan menggunakan teknik proporsional random  sampling. Berdasarkan hasil prapenelitian di SMK Negeri 1 Bungoro menyimpulkan bahwa ada faktor pengelolaan kelas sangat mempengaruhi minat belajar peserta didik program keahlian akuntansi, berdasarkan data dari capaian hasil belajar siswa dengan ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sekolah sebesar 75, menjelaskan bahwa yang mempengaruhi adalah faktor menunjukkan sikap tanggap, memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas, menegur, memberikan penguatan, memodifikasi tingkah laku siswa, pengelolaan kelompok dan hal-hal yang harus dihindari proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji analisis regresi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018 dimana nilai signifikan tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05 yang berarti bahwa faktor pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro. Sehingga hipotesis yang diajukan yakni “Diduga bahwa faktor pengelolaan kelas  berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro  dinyatakan ” diterima”.

 

Kata Kunci: Sikap disiplin dan budaya sekolah


Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin, 2003, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Anonim. 2013. Standar Nasional Pendidikan (PP No.32 Tahun 2013) dilengkapi dengan PP No.19 Tahun 2005. Jakarta: Sinar Grafika

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Bahri Syaiful, 2006. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

----------. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

-----------. 2008. Belajar dan Teori Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

-----------. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kunandar. 2007. Guru profesionalisme Implementasi Kurikilum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

McClelland, David C, Siswo Suyanto, Wihelminus, W. Bakowatun, (Penterjemah). 2007. Memacu Masyarakat Berprestasi: Mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Motif Berprestasi, Jakarta : Intermedia.

Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Notoatmodjo, 2003. Metodologi Penelitian. Rineka Cipta.Jakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media Group

Sarwono, Jonathan. 2010. Belajar Statistik Lebih Mudah dan Cepat PASW Statistic 18. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Siregar, Sofyan. 2010. Statistik Deskriptif Penelitian. Jakarta: Raja Gralindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mepengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono, 2012.Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Supranto, Kuseri. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyadi, 2012. Buku Panduan Guru Profesionalisme Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Kencana

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi belajar. Jakarta: Kencana

Tirtarahardja, Umar. 2010. Pengantar Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional.Jakarta: Prestasi Pustaka

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.