Media Pembelajaran Permainan Bingo dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa

Veronika Bunna(1*), Syarifah Fathimah(2), Laelah Azizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 16 Makassar melalui media pembelajaran Permainan Bingo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 16 Makassar. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes penguasaan kosakata siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pemahaman siswa kelas X MIPA 6 dalam proses belajar pada siklus I mencapai 45,85%, dan siklus II mencapai 83,45%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Permainan Bingo dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 16 Makassar meningkat 37,6%.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, permainan Bingo, kosakata, bahasa Jerman


Full Text:

PDF

References


Ariningsih, Uris. 2014. Hasil Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Permaianan Bingo Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Taman. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Surabaya.

Kharisma,M. 2014. Keefektifan Permainan Bingo dalam Meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogjakarta. Skipsi.Pendidikan Bahasa Prancis. Universitas Negeri Semarang.

Nurfauzi, Rena Rizki. 2016. Penerapan Media Permainan Kartu Bingo Dalam Pembelajaran Mufradat. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiya dan Keguruan. Univeristas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Mantasiah, R. (2018, June). Pay It Forward Model in Foreign Language Learning to Increase Student’s Self Efficacy and Academic Motivation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, No. 1, p. 012178). IOP Publishing.

Mantasiah, R., Amir, A., Yusri, Y., & Anwar, M. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Tata Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3(2).

Mantasiah, R., Yusri, Y., Syaputra, A. F., Angreany, F., Hasmawati, H., & Anwar, M. (2019, December). Assessing Mistake Potential in Writing German Passive Sentences (An Approach of Language Error Analysis). In Seminar Nasional LP2M UNM.

Mantasiah, Y. J. (2018). The development of grammar teaching material using error and contrastive analysis (A linguistic approach in foreign language teaching). TESOL International Journal, 13(3), 9-18.

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. (2018). The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.

Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & Mantasiah, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).


Article Metrics

Abstract view : 1310 times | PDF view : 463 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.