Pengembangan dan Penerapan Trainer Berbasis Atmega 2560 dalam Menunjang Pembelajaran di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Jamaluddin Jamaluddin(1*), Husain Syam(2), Muhammad Rais(3), Khaidir Rahman(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan untuk melakukan pengembangan, kevalidan dan melihat respon mahasiswa terhadap penerapan trainer berbasis Atmega 2560 di program studi pendidikan teknologi pertanian fakultas teknik universitas negeri Makassar. Jenis penelitian yaitu research dan development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan melalui tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Objek penelitian adalah trainer hasil pengembangan yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi oleh ahli media dilakukan untuk menilai dan memberi masukan terhadap trainer dan validasi oleh ahli materi dilakukan untuk menilai dan memberi masukan terhadap buku petunjuk penggunaan trainer. Responden penelitian terdiri dari 5 orang mahasiswa sebagai kelompok kecil dan 30 orang mahasiswa sebagai kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu penggunaan angket. Skala pengukuran data menggunakan skala likert. Pengolahan data terdiri dari analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan trainer meliputi pengembangan dan penambahan sistem wahana pesawat tanpa awak pada rangkaian trainer sehingga profesionalisme mahasiswa di bidang keteknikan pertanian dapat dimaksimalkan. Validasi trainer yang dilakukan ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,72 yang berarti sangat valid digunakan, sedangkan validasi buku petunjuk yang dilakukan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,61 yang berarti sangat valid. Respon peserta didik terhadap trainer menunjukkan nilai rata-rata 3,70 yang berarti sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.     

 

Kata kunci : Trainer, Pengembangan, Respon, Robotika, Pertanian


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Azwar, S.(2013). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Daryanto.(2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta : AV Publisher.

Fathurrohman P & M Sobry Sutikno. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika Aditma.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (Implementasi Model ADDIE). Jakarta: Kencana.

Rizal, M. (2012). Rancangbangun dan Uji Kinerja Sistem Kontrol Irigasi Tetes pada Tanaman Strawberry. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : Universitas Hasanuddin.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.