Bahan Ajar Kriya Keramik

Hasnawati Hasnawati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan tentang rendahnya pemahaman mahasiswa dalam memahami konsep  batik dan membuat karya keramik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar pembelajaran keramik untuk mahasiswa di Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu perancangan bahan ajar pembelajaran keramik. Alur penelitian yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan produk, bahan ajar tahap awal, evaluasi bahan ajar, bahan ajar tahap akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah seni kriya keramik melalui beberapa tahap, yaitu: tahap analisis kebutuhan melalui dua tahap yaitu tahap studi lapangan dan studi literatur, tahap pengembangan strategi pembelajaran melalui pengkajian rencana program semester, tahap pengembangaan bahan ajar yaitu mengumpulkan materi-materi terkait dengan seni kriya keramik, dan realisasi bahan ajar tahap awal, dan disesuaikan dengan Rencana Program Semester (RPS) yang telah dikembangkan sebelumnya. Bahan ajar ini belum dilakukan tahap eavaluasi ahli baik ahli materi, ahli media maupun ujicoba. Luaran atau out put hasil penelitian ini adalah: 1) bahan pembelajaran keramik, dan  2) Artikel Ilmiah Nasional.

Kata Kunci: Bahan ajar, Kriya Keramik


Full Text:

PDF

References


Ali, Lukman. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Pengelolaan Kelas dan Siswa (Sebuah Pendekatan Evaluatif., Jakarta: CV. Rajawali.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Guru dan Anak Didik dalam Interasi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahmud. 2009. Pembelajaran Modul. (http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2011/01/pembelajaran-modul.html). di akses pada tanggal 12 April 2014.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pemblajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sukardjo. 2005. Bahan Ajar: Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.


Article Metrics

Abstract view : 280 times | PDF view : 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.