Sekolah Berasrama (Boarding School) dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Kabupaten Jeneponto

Zainal Arifin(1*), Sitti Muthmainnah(2), Nurhilaliyah Nurhilaliyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di Kabupaten Jeneponto, dan 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan informan atau responden sebanyak 10 orang terdiri dari kepala asrama, Pembina asrama, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive sampling. Keseluruhan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di Kabupaten Jeneponto melalui; keteladanan, dialog/percakapan, dan pembiasaan, dan 2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di Kabupaten Jeneponto adalah adat/kebiasaan dan pendidikan, sementara itu faktor penghambatnya meliputi; fasilitas dan peserta didik).

Kata kunci: Narkotika, psikotropika, wanita, dan perilaku menyimpang


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2014. Sosiologi Pen-didikan. Makassar: Anugrah Mandiri.

Arikunto, Suharsimin. 2009. Mana-jemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ansyar, Mohamad. 2014. Kurikulum. Jakarta: Kencana.

Bungin, Burhan. 2003. Data Pene-litian Kualitatif. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Hamzah, E. I. 2014. Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri Unggulang Pinrang. Skripsi. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Gagalnya Pendidikan Karak-ter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Khamdiyah. 2013. SistemBoarding school Dalam Pendidikan Karakter Siswa Kelas VII MTS Nurul Ummsh Kotagede Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustari, Mohammad. 2014. Nilai-Nilai Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mansyur, A. L. 2014. Peran Pondok Pesantren An Nahdlan Dalam Upaya Mewujudukan Pendidikan Karakter Kepada Masyarakat Di Kelurahan Layang Kota Makassar. Skripsi S1. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Mujabgs.” Boarding School”. 3 Januari 2017 . http://Mujabgs58.blogspot.com

Masjon86.”Anak di Boarding School. 542433”. 3 Januari 2017. http://warungkopi.okezone.com//theread/542433/6-manfaat menyekolahkan-anak-di-Boarding-School.

Piyudiai. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pem-belajaran”. 10 November 2016.http:// Piyudiai17.blogspot.co.id/?m=1.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2003. Teori Sosiologi Moderen. Jakarta: Kencana.

Rachmayanti, Staniah.2015. Imple-mentasi Pendidikan Karakter Dalam Pembel-ajaran Di Program Keahlian TITL SMKN 2 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya .

Salahudin, Anas dan Alkrienciehie, Irwanti. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Pene-litian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabetha.

Syarifudin, Ahmad. 2015. Imple-mentasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Taufik, Parham. 2016. Kekerasan Simbolik di SMAN I BUA PONRANG Kabupaten Luwu. Proposal. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Wirawan. 2012. Teori-Teori Sosial. Jakarta. Prenamedia Group.

Yaumi, Muhammad.2014.Pendidikan Karakter. Jakarta. Prenamedia Group.

Zubaedah. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 253 times | PDF view : 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.