KOMPETENSI DAN MATERI PEMBELAJARAN TIPOGRAFI DALAM MATA KULIAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Pengembangan untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar)

Sukarman B.(1*), Nurabdiansyah Nurabdiansyah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah tahap lanjut (fase pengembangan) dari tahap sebelumnya (fase perancangan) yang bertujuan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan rancangan kompetensi dan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang berfokus pada kegiatan pengembangan yang mencakup kegiatan validasi serta uji-coba kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Hasil perancangan kompetensi dan materi pembelajaran tipografi dalam pembelajaran Desain Komunikasi Visual pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar, yang mempertimbangkan prinsip-prinsip pengembangan kompetensi dan materi pembelajaran telah tervalidasi dengan tingkat validitas sangat baik sehingga dinyatakan layak digunakan pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar; (2) Hasil uji kepraktisan rumusan kompetensi dan materi pembelajaran tipografi menggambarkan hasil penilaian mahasiswa responden terhadap seluruh indikator berada pada kategori baik sebelum perbaikan dan dinyatakan berkategori sangat baik setelah diperbaiki; (3) Hasil uji keefektifan rumusan kompetensi dan materi pembelajaran tipografi menunjukkan bahwa rata-rata capaian belajar mahasiswa responden berada pada kategori sangat baik sehingga dinyatakan efektif bila digunakan dalam pembelajaran Desain Komunikasi Visual pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Said Suhil. (2009). Pengantar Pengembangan Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Pekanbaru. Online, 4 Maret 2018.

Borg, Walter R. & Meredith D. Gall. (1973). Educational Research: An Introduction. New York: David Mc Company Inc.

Dantes, Nyoman. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Kaitan dengan Implementasi KTSP, Singaraja: Program Pascasarjana UNDIKSA.

Depdiknas. (2006). Panduan Menyusun dan Memilih Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W., Carey, L. and Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. (5th Edition). Addison-Wesley Educational Publishers, Inc.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Harsono. (2007) Developing Learning Materials For Specific Purposes. TEFLIN Journal, Volume 18, Number 2, August 2007. Online, 12 Maret 2018.

Munthe, Bermawi. (2009). Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudiana, Dendi. (2001). Tipografi: Sebuah Pengantar. Jurnal Mediator Vol. 2 No.1 2001, Online, 13 Maret 2018.

Sudira, Putu. Pengembangan Kompetensi Bahan Ajar Mata Kuliah Mikrokontroler dengan Pendekatan Field Research, Benchmarch, Adopt & Adapt. https://core.ac.uk/download/pdf/11063953.pdf. Online, 16 Maret 2018.

Sukamdinata, Nana Syaodih dan Erlina Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Tomlinson, B. (1998). Material Development in Material Teaching. New York: Cambridge University press.

Wijaya, Priscilia Yunita. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual, Jurnal NIRMANA Vol. 1 No. 1 Januari 1999. Online, 13 Maret 2018.


Article Metrics

Abstract view : 531 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.