Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM

Syukur Saud(1*), Burhanuddin Burhanuddin(2), Chaerul Fadlan Saud(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstract. The effectiveness of cooperative learning Model-type buttons sparkling in the speaking skill students of the German language Education Study Program Faculty of Language and Literature of Makassar State University. The purpose of this research is to have data on the effectiveness of models of cooperative learning of the type of sparkling buttonholes in speaking skills speaking students of the German language Education Study Program Faculty of Language and Literature University The state of Makassar. This research is a pseudo-experimental study. The population of this study is a student of the German language education study Program 2018/2019, consisting of 2 classes of 58 students. The sample is total, a class A student totaling 33 students as an experimental class and a grade B student who numbered 28 students as a control class. The Data obtained is analyzed by using the test-t formula. Data analysis results showed Thitung6,154 > Ttabel2,001 at α 0.05. The results showed that the cooperative learning model is an effective buttonholes type in the student speaking skills of the German language Education Study Program Faculty of Language and Literature of Makassar State University

 

Keywords: Cooperative learning Model, glitter sparkling, speaking


Full Text:

PDF

References


Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_________. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Brockhaus. 1971. Der Modellbegrief Definitionen, Bedeutungs–und Funktionsvielfalt.

[internet], from: www.muellerscience.com [Acessed 12thMarch 2018 at 09:01].

Bolton, Sibylle. 1995. Probleme der Leistungsmessung:Lerntfortschrittstest in der Grundstufe. Berlin: Druckhaus Langenscheidt.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa :Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

__________. 2011. Tes Bahasa:Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Edisi 2. Jakarta: Indeks.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Furyanto, Faoyan Agus. Peningkatan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bantarujeg melalui Diskusi Menggunakan Model Kancing Gemerincing.Skripsi. Surakarta: UNS.

Ghazali, Syukur. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huneke, H.W. 2010.Deutsch als Fremdsprache: eine Einführung. Berlin : Erich Schmidt verlag GmbH.

Isjoni. 2016. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Junus, Andi Muhammad dan Andi Fatimah Junus. 2011. Keterampilan Berbahasa Lisan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Kasim dan Tri Kartika Handayani. 2016. Buku Siswa: Deutsch Ist Einfach 2 FürSMA Klasse XI. Solo: Tiga Serangkai.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Konrad, K dan Traub, S. 2005. Kooperatives Lernen: Theorie und Praxis. Baltmannsweiler: Schneider.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas.Jakarta: PT Grasindo

Mawarni, Megasari Putri. 2014. Keefektifan Penggunaan Teknik Kancing Gemerincing Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman.Skripsi. Yogyakarta: UNY

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2015. Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.

Purnamasari, Else Veronica. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mertoyudan Magelang dengan Menggunakan Teknik Kancing Gemerincing. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsi-Prinsip dan TeknikEvaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2013. Seni Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saud, dkk.2016. Validitas Model Komunikasi Defleur Dalam Pembelajaran Sprechfertigkeit Siswa Kelas XII SMA Se Sulawesi Selatan. Makassar: UNM.

Schelle, Carla dkk. 2010. Unterricht als Interaktion: Ein Fallbuch für die Lehrerbildung. Kempten: Julius Klinkhardt.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Stechert, Peer. 2009. Fachdudaktische Diskussion von Informatiksystemen und der Kompetenzentwicklung im Informatikunterricht. Universitätsverlag Postdam: Postdam.

Subyantoro. 2013. Pembelajaran Bercerita: Model Bercerita Untuk Meningkatkan Kepekaan emosi Dalam Berapresiasi Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Supardi. 2016. Aplikasi Statistik dalam Penelitian; Konsep Stastistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Smart.

Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyadi, dkk. 2015. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan,Henry Guntur.2008.BerbicaraSebagaiSuatuKeterampilanBerbahasa.Bandung: AngkasaBandung.

Trianto, 2014.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Misnawaty. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman (Wortschatz) Berdasarkan Model Komunikasi SMCR-BERLO Di SMA Negeri Kota Makassar.Disertasi. Makassar: UNM.

Warsono dan Hariyanto. 2017. Pembelajaran Aktif : Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.