Efektivitas Model Resource Based Learning Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Resource Based Learning. Fokus Masalah: apakah model Resource Based Learning efektif digunakan pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Kelas III SD Inpres 6/75 TA’ Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan Model Resource Based Learning pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan siswa kelas III SD Inpres 6/75 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas III SD Inpres 6/75 TA’, dalam waktu dua bulan mulai dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres 6/75 TA’ Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, yang berjumlah 21 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 15 perempuan.Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan lembar observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, data display dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa model Resource Based Learning efektif digunakan guru untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran seni budaya dan keterampilan pada materi seni tari kelas III SD Inpres 6/75 TA’ Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Kata Kunci: Efektivitas, Model Resource Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Al-tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maqi, Khayatul. 2017. Efektivitas Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MI MA’ARIF NU 02 Panusupan Kecematan Cilongok Kabupaten Banyumas.Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwakerto.
Nasution.2017. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Novianti, N. R. 2011. Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2),154–163.
Rohmawati, A. (n.d.). 2013. Usia Taman Kanak-kanak. Jurnal pendidikan anak usiadini, Vol.
(1): 15–32., 13–28.
Suharwati, Ira Sri & Sumarni. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA, Jurnalpendidikan, Vol 1(2): 74– 79.
Uno, Hamzah B & Nurdin Mohammad. 2015. Belajar dengan Pendekatan Paikem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: PTBumi
Article Metrics
Abstract view : 226 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.