Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Murid Kelas V SD Inpres Bertingkat Kabupaten Gowa

Irfan Irfan(1*), Achmad Karim(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) STKIP YPUP Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif pada murid kelas V SD Inpres Bertingkat Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi refleksi dan penerapan Metode pembelajaran kooperatif dalam Meningkatkan kemampuan passing bawah  dalam Permainan bola voli Murid Kelas VSD Inpres Bertingkat Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali Pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data Penelitian ini adalah kemampuan passing bawah  dalam Permainan bola voli. Sumber data Penelitian ini adalah Murid Kelas V SD Inpres Bertingkat Kabupaten Gowa yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data passing bawah  dalam Permainan bola volidilakukan dengan memberikan soal-soal latihan, dan menggunakan lembar penilaian proses gerak passing bawah dalam permainan bola voli pada Siklus I dan Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil analisis Kuantitatif data Kemampuan passing bawahmenunjukkan bahwa jumlah Murid yang tuntas pada Siklus I adalah 16 orang dengan persentase 61,54% dan jumlah murid yang tuntas pada Siklus II adalah 26 orang dengan persentase 100%. Hasil analisis Kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Kemampuan passing bawah  dalam Permainan bola voliyang signifikan. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjas melalui model pembelajaran kooperatif dapat Meningkatkan Kemampuan passing bawah  dalam Permainan bola voliMurid Kelas V SD Inpres Bertingkat Kabupaten Gowa

 

Kata Kunci: Kemampuan Passing Bawah, Model Pembelajaran Kooperatif


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemanasan Jasa Pendidikan.____: Alfabeta.

Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2014. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Komara, Endang.2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif.Bandung : PT Refika Aditama.

Mattone, Abdul Hamid. 2010. Diktat Dasar-Dasar Pendidikan. Makassar : Tim Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pasau, M. Anwar. 2012. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

PBVSI. 1995. Jenis – Jenis Permainan Bola Volli. Jakarta: Sekretariat Umum PP.PBVS

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

……………….. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesioalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, Robert. E. 2008. CooperatiVe learning Teori, Riset, & praktik. Bandung; Nusa media

Suwandi dkk. 2010. Penjasorkes 4. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Suharno HP. 1993. Dasar – dasar permainan Bola Voli. Yogyakarta:IKIP.

Taniredja,Tukiran.2010. Penelitian Tindakan Kelas PTK.Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta ____:

Wahjoedi. 2001. Landasan EValuasi Pendidikan Jasmani. Jakarta : PT.Rajagrafindo Persada.

Wiriaatmadja,Rochiati.2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas:Bandung : PT.Rosdakarya.

Yunus.1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta:Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.


Article Metrics

Abstract view : 458 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.