Pengaruh Kompetensi SintaksisTerhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta.
____________. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chomsky, Noam. 2000. Cakrawala Baru Kajian Bahasa dan Pikiran (diterjemahkan Freddy Kirana). Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Cook, V.J. 1988. Chomsky`s Universal Grammar. Oxford: Basil Blackwell.
Dardjowidjojo. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Eti, Nunung Yuli, dkk. 2005. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X untuk SMA dan MA. Klaten: Intan Pariwara.
Hardiyanto. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Teknik Tanya Jawab pada Siswa. Malang: Jurnal Penelitian Kependidikan Saintifik Universitas Muhammadiyah Malang, Vol. 1, No. 1, 21-34.
Haerul, Nurfadhillah. 2017. Pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Tesis. Pendidikan Bahasa. Universitas Negeri Makassar.
Kemendikbud. 2017a. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
____________. 2017b. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Cetakan Keempat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Khairah, Miftahul. 2014. Sintaksis Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumaningsih, Dewi. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Manaf, Ngusman Abdul. 2010. Sintaksis dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.
Mariskan, S. 1992. Ikhtisar Bahasa Indonesia. Surabaya: P.T Edumedia.
Nura, Amris. 2007. Problematik Pengajaran Keterampilan Menulis Lanjut: Upaya Menumbuhkembangkan Minat Menulis di Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, Vol. 4, No. 1, 69-80.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Puspitarukmi, Prima Shinta. 2014. Pemanfaatan Media Gambar Berseri dengan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Basastra, Vol. 1, No. 3, 551-561.
Sari, Syafitri Nila. 2012. Hubungan Kompetensi Sintaksis dan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lengayang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 1, 496-504.
Semi, Atar. 2009. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sigel, I. E, Cocking, R. R.. 2000. Cognitive Development From Childrood to Adolescence: A Constructivist Perspective, New York: Holt, Rinehart and Wintson.
Sutjarso. 2006. Sintaksis Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
____________. 2009. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.
Tondo. 2009. Kepunahan Bahasa-Bahasa Daerah: Faktor Penyebab dan Implikasi Etnolinguistis. Jurnal Masyarakat dan Budaya, Vol.11, No. 2, 277-296.
Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wahab, Abdul. 2011. Isu Linguistik Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya:
Airlangga University Press.
Wahyuningsih. 2012. Hubungan antara Kecerdasan Linguistik dengan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Basastra, Vol. 1, No. 3, 248-255.
Waridah, Ernawati. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung:
Ruang Kata.
Wulandari, Septiana Ika. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo), Vol. 3, No. 8, 1-5.
Article Metrics
Abstract view : 172 times | PDF view : 44 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.