Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Abu Darwis(1*), Satriani DH.(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Guided Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching. Manfaat penelitian terdiri dari manfaat teoritis dan manfaat praktis. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara berdaur ulang yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan, dapat dilihat pada Siklus I kategori kurang, sedangkan siklus II kategori baik. Kesimpulan penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka

Arikunto, suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah dan Nurdin, Muhammad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Hisyam Zaini, dkk. 2012. Stategi Pembelajaan Aktif. Yogyakata: CTSD Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Rasyid, Harun. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Sefa Eka Rahma. 2016. Penerapan Model Guided Teaching pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Palembang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Lubuklinggu.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Psikomotorik. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tampubolon, saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.