Penerapan Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering (React) pada Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Dasar

Lisna Lisna(1*), Sugeng A. Karim(2), Al Imran(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model REACT dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model REACT siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 6 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 6 Bulukumba. Oleh karena itu disarankan kepada pihak guru dan sekolah untuk menerapkan model pembelajaran REACT secara luas.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar ( Jakarta : PT.Bumi Aksara )

Kindy, Nurul. Perbandingan Model Pembelajaran Jigsawdengan Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Sub Konsep Sistem Indera. Skripsi pada S.Pd Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surajiyo. 2010. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin.(2014).Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta.Ar-Ruzz Media

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekata Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.