Peranan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar

Syamsul Alim Bahri(1*), A J Patandean(2), Usman Usman(3),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI  SMA  Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan desain Posstest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari  5 kelas dengan jumlah  173  orang dan sampel dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing berada pada kategori rendah sebesar 4.824 dengan standar deviasinya 1.817 sedangkan skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan model konvensional berada pada kategori rendah 4.171 dan standar deviasinya 1.948. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan model Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada taraf nyata α=0,05

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika

This research aims to know the ability of understanding in learning physics students who are taught through the model of learning Problem Posing Type Post Solution Posing and taught with the conventional learning model, as well as to find out if there is a significant difference towards the ability of understanding concepts in physics learning among learners are taught with a model of learning Problem Posing Type Post Solution Posing and learners are taught with using conventional learning model in class XI SMA Negeri 9 Makassar 2015/2016 school year. This research is a research experiment by using Posstest design Only Control Design. The population in this research is the students of Class XI SMA Negeri 9 Makassar 2015/2016 school year consisting of 5 classes with a total of 173 people and sample selected using simple random sampling. The data processing results of this research uses descriptive analysis techniques to describe the physics concept comprehension ability learners and inferensial analysis techniques to test the hypothesis of the study. Based on the descriptive analysis of the obtained that the average ability of understanding the concept of physics students who are taught by using a model of learning Problem Posing Type Post Solution Posing is at a low category amounted to 4,824 by the standards 1,817 deviasinya while the average score ability of understanding the physics concepts taught by the conventional models are at a low category 4,171 and standard deviasinya 1,948. Inferensial analysis results showed that there was no difference in the ability of understanding the concept of physics are significant among learners are taught with a model Problem Posing Type Post Solution Posing and learners are taught by using the conventional model on the real extent of α = 0.05

Keywords: Problem Posing Type Post Solution Posing Model, Ability Of Understanding Physics Concept


Full Text:

PDF

References


Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen; Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.

Klinker, J. F. (2006). Critical Thinking. Thousand Oaks, CA:SAGE Reference, Vol 1 hal: 240.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Astra, I. M., Umiatin, & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012), 135-143; ISSN: 1693-1246.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Ali, S., & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 188 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.