Pengaruh Metode Inquiry Terbimbing terhadap Penguasaan Operasi Dasar Matematika dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 16 Makassar

Ika Andriani(1*), Muhammad Arsyad(2), S Salmiah Sari(3),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain the randomized postest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA semester genap di SMA Negeri 16 Makassar. Penentuan sampel dengan simple random sampling. Instrumen pengukuran divalidasi oleh ahli, dilanjutkan dengan uji coba peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat: (i) perbedaan penguasaan operasi dasar matematika yang signifikan antara yang diajar dengan menerapkan metode inquiry terbimbing dan yang diajar dengan menerapkan metode inquiry bebas termodifikasi. (ii) perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara yang diajar dengan menerapkan metode inquiry terbimbing dan yang diajar dengan menerapkan metode inquiry bebas termodifikasi pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar.

Kata Kunci: Metode Inquiry Terbimbing, Metode Inquiry Bebas Termodifikasi, Penguasaan Operasi Dasar Matematika, Keterampilan Berpikir Kritis.

The study is true experimental research with design is The Randomized Postest-Only Control Group Design. The population of the study was the entire students of grade XI MIA of the second semester at SMAN 16 in Makassar. Determination of samples with simple random sampling. The measurement instrument is validated by experts, then by testing students. The results of the study reveal that (i) there is significant difference of the mastery of mathematics basic operation between the one being taught using guided inquiry method and the one using modified free inquiry method, (ii) there is significant difference of critical thinking skill between the one being taught using guided inquiry method and the one using modified free inquiry method of grade XI MIA students at SMAN 16 in Makassar.

Keywords: Guided Inquiry Method, Modified Free Inquiry Method, Mastery Of Mathematics Basic Operation, Critical Thinking Skill.


Full Text:

PDF

References


Tawil, M. & Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar (UNM).

Alberta Learning Centre. 2004. Focus on Inquiry: A Teacher’s Guide to Implementing Inquiry Based-Learning. Canada: Alberta Learning.

Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Minner, D. D., Levy, A. J., & Century J. 2009. Inquiry-Based Science Instruction—What Is It and Does It Matter? Results from a Research Synthesis Years 1984 to 2002. Journal of Research in Science Teaching (Online), 10 (2), 1-24.

Yusmanita, S. 2018. Penerapan Pendekatan matematika realistis untuk meningkatkan operasi hitung perkalian. Jurnal Elemen (Online), 4 (1), 96.

Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. P., Gusrayani, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah (Online), 1 (1), 51- 60.

Syihab, M. I. 2014. Pengaruh Metode Guided Inquiry dan Pengetahuan Operasi Dasar Matematika dalam Praktikum Fisika Dasar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Fitri, I. L. 2017. Pengaruh Pendekatan Ilmiah dan kemampuan Operasional Dasar Matematika terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Taliabu Barat. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.