Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model PBI (Problem Based Instruction) Berbantuan Media Powerpoint Pada Peserta Didik Kelas X. D.1 SMK Negeri 1 Parepare

Nur Aziza Fatmi(1*),

(1) Jurusan Fisika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Parepare melalui model Problem Based Instruction (PBI)Berbantuan Media Powerpoint pada materi gaya, usaha, dan energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X D1 SMK Negeri 1 Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019sebanyak 20 orang peserta didik, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, Siklus I sebanyak 4 kali pertemuan dan Siklus II juga sebanyak 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar fisika dan angket minat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 orang peserta didik (15,00%) hasil belajarnya berada pada kategori rendah, 3 orang peserta didik (15,00%) hasil belajarnya berada pada kategori sedang, 6 orang peserta didik (30,00%) hasil belajarnya berada pada kategori tinggi, 8 orang peserta didik (40,00%) hasil belajarnya berada pada kategori sangat tinggi, dan skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 87,00 dan hasil deskriptif penelitian menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar fisika peserta didik sebesar 37,49%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka disarankarn kepada guru fisika untuk menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbantuan media powerpoint dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Problem Based Instruction, Hasil Belajar, dan Minat Belajar

 

This study is a classroom action research (Classroom Action Research) which aims to increase the interest and physics learning outcomes of class X students of State 1 Parepare Vocational School through Problem Based Instruction (PBI) models with Powerpoint Media Assisted on style, effort and energy. The subjects of this study were students of class X D1 SMK Negeri 1 Parepare 2018/2019 Academic Year as many as 20 students, consisting of 14 men and 6 women. The implementation of the action was carried out in two cycles, Cycle I 4 meetings and Cycle II also 4 meetings. Data collection was carried out by using physics learning outcomes and interest questionnaires. The collected data were analyzed using quantitative and qualitative analysis. Quantitatively, the results of the study showed that there were 3 students (15.00%) learning outcomes in the low category, 3 students (15.00%) learning outcomes in the medium category, 6 students (30.00% ) the learning outcomes are in the high category, 8 students (40.00%) learning outcomes are in the very high category, and the average score obtained by students is 87.00 and the descriptive results of the study indicate that students' interest in learning physics amounting to 37.49%. Thus, the use of PBI (Problem Based Instruction) learning models assisted by Powerpoint media can improve students' physics learning outcomes. Based on the findings of this study, it was suggested to the physics teacher to use the PBI (Problem Based Instruction) learning model assisted by power point media in an effort to improve the quality of the learning process and results of students

Keywords: Problem Based Instructions, Learning Outcomes, and Learning Interest


Full Text:

PDF

References


Ali, Sidin. & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arisca, Silvia. 2012. Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Disertai LKS pada Pembelajaran SMA. Tesis FMIPA Jember

Depdiknas. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Khaeruddin & Hadi Sujiono.Eko, 2005. Pembelajaran Sains Berdasarkan Kurikulum Berbasis kompetensi. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Ridwan, 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Siregar, Syofian.2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sugiyono, 2008, Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Tiro, Muhammad Arif. 2005. Analisis Korelasi dengan Data Kategori. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Tuti, Asrinda. 2013. Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. Pascasarjana UNM


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.