Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Model Watampone

Laode Manarfah(1*), Jasruddin Jasruddin(2), Pariabti Palloan(3),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), penggunaan media pembelajaran berbasis web merupakan salah satu media pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan tingkat pemahaman peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman konsep fisika sebelum dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran fisika berbasis web. Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperiment menggunakan Pre-test Post-test Only One Group Design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbasis web dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep fisika. 30 peserta didik pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Model Watampone dipilih sebagai subjek penelitian melalui penunjukan langsung. Data hasil penelitian diolah secara deskriptif dan menggunakan analisis N-gain untuk menggambarkan peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai indeks gain total yang diperoleh sebesar 0,63. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Model Watampone Tahun ajaran 2015/2016 setelah dilakukan pembelajaran berbasis web berada pada kategori sedang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Berbasis Web, Pemahaman Konsep

Along with the development of Information and Communication Technology (ICT), the use of web-based teaching media is believed to increase the level of students’ comprehension. In line with this assumption, this study aims to determine to what extent the improvement of physics concepts comprehension of students before and after being taught using web-based teaching media. This study is a Pre-Experimental study using the Pre-test and Post-test Only One Group Design. The independent variable of this study is the web-based physics teaching media and the dependent variable is the physics concepts comprehension. 30 students of XI IPA 1 SMAN 2 models Watampone are taken as the subject of this study. The data was analyzed using descriptive and N-gain analysis to describe the improvement of students’ physics concepts comprehension. The result of the total gain index value is 0.63. Based on this result, it can be concluded that the improvement of students’ physics concept comprehension of XI IPA 1 SMAN 2 Model Watampone in study year 2015/2016 after being taught using web-based teaching media is categorized as medium.

Keywords: Teaching Media, Web-Based Media, Concepts Comprehension

Full Text:

PDF

References


O. S. Aboderin, O. G. Fadare, & G. J. Kumuyi. 2012. A Pedagocical Appraisal of Internet and Komputer Usage Among Secondary School Teachers and Students in The Southwest Nigeria. World Journal on Educational Technology. Nigeria.

D. E. Meltzer. 2002. The Relationship Between Mathematics reparation And conceptual learning gain in physics: A possible inhidden Variablei in Diagnostic pretest scores. Ames: Department of physics and Astronomy, Lowa State niversity.

J. Cole & H. Foster. 2008. Using Moodle. San Fransico: O‟Reilly Media.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.