Efektivitas Penggunaan Strategi Learning Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Watang Pulu

Ida Herlina H(1*),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran aktif strategi Learning Tournament pada standar kompetensi memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada system saraf dan hewan yang mengandung listrik dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif strategi Learning Tournament. Untuk rancangan penelitian pada produk ini menggunakan post test only control design. Prosedur penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisa data.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas peserta didik dengan melihat kemampuan, kerjasama dan keaktifan dalam menyelesaikan soal IPA dan interaksi antara guru dengan peserta didik serta peserta didik dengan peserta didik yang lain selama proses belajar mengajar berlangsung. dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik menurut kriteria  ketuntasan minimal (KKM) berdasarkan kompetensi dasar   SMP Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap yaitu 75, hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 59.87 dari 28 peserta didik dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 15 orang dengan persentase 53,57%. Sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM adalah 13 orang dengan persentase 46,43%, sehingga dikatakan keberhasilan peserta didik terhadap pembelajaran IPA dengan strategi Learning Tournament pada siklus I belum tercapai, karena jumlah peserta didik yang mencapai KKM dibawah 75%  dari jumlah seluruh peserta didik. Sedangkan pada siklus II, tes hasil belajar IPA melalui pembelajaran dengan strategi Learning Tournament Peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM mencapai persentase 85,71%  dari seluruh jumlah peserta didik. Dengan persentase tersebut pada siklus II ketuntasan belajar IPA meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi Learning Tournament efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas IX F SMP Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Strategi Learning Tournament, Aktivitas  dan Hasil Belajar.

 

The purpose of this study was to determine the activities and learning outcomes of students using active learning Learning Tournament strategies on competency standards to understand the concept of static electricity and its symptoms in everyday life, including electricity in the nervous system and animals that contain electricity and to know the response of students to learning active Learning Tournament strategy. The research design for this product uses post test only control design. The procedure of this research is the preparation stage, the implementation stage and the data analysis stage. The results showed an increase in the activities of students by looking at their abilities, collaboration and activeness in completing the science problem and the interaction between the teacher and students and students with other students during the learning process. and an increase in learning outcomes of students according to the minimum completeness criteria (KKM) based on the basic competencies of Watang Pulu 1 Public Middle School Sidrap Regency which is 75, the test results in cycle I show that the average score is 59.87 out of 28 students where students get grades above KKM only 15 people with a percentage of 53.57%. Whereas students who scored below the KKM were 13 people with a percentage of 46.43%, so that the success of students in learning science with the Learning Tournament strategy in the first cycle was not achieved, because the number of students who reached the KKM was below 75% of the total participants student Whereas in cycle II, the test of science learning outcomes through learning with the Learning Tournament strategy. Students who score above the KKM reaches a percentage of 85.71% of the total number of students. With this percentage in the second cycle the completeness of learning science increases. Thus it can be said that the use of the Learning Tournament strategy is effective in increasing the activities and learning outcomes of students in class IX F 1 Watang Pulu Public Middle School Sidrap District 2018/2019 school year.

Keywords : Learning Tournament Strategy, Activity and Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Mizan Learning Centre (MLC): Bandung.

Muliyanto, Yuni. 2007. Penentuan Keberhasilan Tindakan. . (http:/www.scribd.com/keterlaksanaan, diakses 27 Maret 2011).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Rajagrafindo persada: Jakarta.

Rustam, Mudilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Silberman, Mel. 2009. Active Learning. Pustaka Insan Madani: Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Roskakarya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wena, M. 2009, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer, Bumi Aksara: Jakarta.

Winatapura, U. S. 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka: Jakarta.

Mudjiono, Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran.

Ibrahim, M., dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif.

Sudjana Nana, 2006.Penilaian hasil proses Belajar mengajar.Bandung : Rosda


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.