Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Ranah Kognitif pada Materi Suhu dan Kalor Ditinjau dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari

Nuzul Quryati Hartawati(1*), La Maronta Galib(2), La Aba(3),

(1) SMANKO Bahteramas
(2) Jurusan Pendidkan Fisika KIP Universitas Halu Oleo
(3) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Halu Oleo
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian bertujuan memperoleh data dan informasi empiris tentang keefektifan dan efisiensi model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan model pembelajaran langsung (MPL) dengan strategi pemecahan masalah terhadap keterampilan pemecahan masalah (KPM) dan hasil belajar ranah kognitif (HBK) materi suhu dan kalor ditinjau dari kemampuan akademik (KA) peserta didik SMAN 10 Kendari. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode campuran dengan desain eksperimen randomized pretest-posttest two group design dengan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian, terpilih kelas X1 28 peserta didik: 15 KA tinggi dan 13 KA rendah belajar melalui model pembelajaran berbasis masalah; dan kelas X2 27 peserta didik: 13 KA tinggi dan 14 KA rendah belajar melalui model pembelajaran langsung dengan strategi pemecahan masalah. Hasil analisis data : (1) model PBM memiliki keefektifan relatif sebesar 15,07% terhadap HBK dan 18,72% terhadap KPM daripada MPL; (2) MPL dengan strategi pemecahan masalah memiliki efisiensi sebesar 56,96% untuk HBK dan 38,80% untuk KPM, sedangkan PBM memiliki efisiensi sebesar 52,46% untuk HBK dan 36,18% untuk KPM; (3) ada pengaruh signifikan KA terhadap KPM dan HBK; (4) tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap KPM dan HBK; (5) tidak ada pengaruh interaksi signifikan KA dan model pembelajaran terhadap KPM dan HBK; (6) tidak ada hubungan signifikan KA, KPM, dan HBK; (7) tidak ada perbedaan signifikan nilai rata-rata HBK dan KPM peserta didik yang belajar melalui model PBM dan MPL baik pada KA tinggi maupun KA rendah; (8) ada perbedaan signifikan nilai rata-rata HBK dan KPM KA tinggi dan KA rendah; (9) tidak ada perbedaan signifikan nilai rata-rata HBK KA tinggi dan KA rendah pada MPL; dan (10) ada perbedaan signifikan nilai rata-rata KPM antara KA tinggi dan KA rendah pada MPL. Kesimpulan: Model PBM memiliki keefektifan lebih baik terhadap KPM dan HBK sementara MPL memiliki efisiensi lebih tinggi terhadap KPM dan HBK.

Kata Kunci: Keefektifan, Efisiensi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Langsung, Strategi Pemecahan Masalah.

This study aims to obtain empirical data and information on the effectiveness and efficiency of Problem-Based Learning Model (PBL) and Direct Instruction Model (DI) with Problem-Solving Strategies on Problem Solving Skills (PSS) and Learning Outcomes of Cognitive Sphere (LOC) on temperature and heat material in the perspective of Academic Capabilities (AC) students of SMAN 10 Kendari. The researcher used “mixed method” with a randomized pretest-posttest two group experimental design and a 2 x 2 factorial design. The sample, which was selected X1 class of 28 students: 15 high AC and 13 low AC, were treated through PBL; and X2 class of 27 students: 13 high AC and 14 low AC, were treated through DI with PSS. The results of data analysis: (1) The PBL shows a relative effectiveness of 15.07% for the LOC and 18.72% for the PSS compared to the DI; (2) The DI with problem solving strategy shows efficiency of 56,96% for the LOC and 38,80% for the PSS, while the PBL showed efficiency of 52,46% for the LOC and 36,18% for the PSS; (3) There is significant influence of the AC on the PSS and the LOC; (4) There is no significant effect of learning model on the PSS and the LOC; (5) There is no significant interaction effect of the AC and learning model on the PSS and the LOC; (6) There is no significant relationship of the AC, the PSS and the LOC; There is no significant difference in the average scores; (7) Of the PSS and the LOC samples who were treated through the PBL and the DI, for high and low AC; (8) Of the PSS and the LOC, for high and low AC; (9) Of the LOC, for high and low AC, specifically in the DI; (10) Of PSS between high and low AC in the MPL. Conclusions: The PBL shows a relatively higher effectiveness, on the PSS and the LOC.

Keywords: Effectiveness, Efficiency, Problem-Based Learning Model, Direct Instruction Model, Problem Solving Strategy

Full Text:

PDF

References


Caliskan, S. Selcuk, G.Z. & Erol, M. 2010. The Effects of Problem Solving Strategies Instruction on the Students Physics Problem Solving Performance and Strategy Usage. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 2239-2243. www.sciencedirect.com.

Hartono, D.M .2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik, Dan Interaksinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Jurnal Pendidikan Sains.Universitas Tadulako. Vol.2 No.1:hal 1-11

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor YangMempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kardi & Nur. 2005. Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa University Press.


Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.