Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Metode Pembelajaran Eduwisata Berbasis Ekosistem Karst Pada Kelas VII SMPN 4 Bantimurung

Dahniar Dahniar(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik  kelas VII A  SMPN 4 Bantimurung semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019 yang terdiri dari 32 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk proses pembelajaran, tes keterampilan berpikir kritis, dan angket respon peserta didik yang diberikan pada akhir siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Siklus I terlihat 13 orang peserta didik atau sekitar 40,6 % kemampuan berpikir kritisnya berada  dalam kategori sangat tinggi; 12 orang atau sekitar 37,5% peserta didik berada dalam kategori tinggi; sedangkan pada siklus II terlihat  bahwa 16 orang atau sekitar 50% peserta didik memiliki  kemampuan berpikir kritis dalam kategori sangat tinggi; 14 orang atau sekitar 43,75% peserta didik yang kemampuan berpikir kritisnya berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode eduwisata berbasisi ekosistem karst dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik  di kelas VII A  SMPN 4 Bantimurung.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.