Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika pada materi Deret

Dewi Hikmah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ketidakseragaman kemampuan matematika dasar mahasiswa dan alokasi waktu perkuliahan Fisika Matematika yang tidak sesuai dengan capaian perkuliahan menjadi masalah utama dalam penelitian ini.sehingga diperlukan modul perkuliahan Fisika Matematika yang dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Adapun tujuan penelitian yaitu menghasilkan modul perkuliahan Fisika Matematika pada materi deret yang valid dan dapat digunakan mahasiswa dalam perkuliahan Fisika Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D (empat-D), yaitu define, design, development, dan disseminate. Tetapi pada tahapan disseminate dilakukan secara terbatas, dalam lingkungan prodi pendidikan fisika. Selain itu adapula tahap validasi terhadap modul perkuliahan yang telah dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan V Aiken. Aspek yang dinilai yaitu segi relevansi, kelengkapan sajian, kualitas dan tampilan modul, dan bahasa. Dari keempat aspek yang dinilai masing-masing memberikan nilai valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul perkuliahan Fisika Matematika pada materi deret dinyatakan valid, dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. Rekomendasi selanjutnya diperlukan uji keefektifan dan kepraktisan modul yang dikembangkan agar dapat dilakukan penyebaran secara luas.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.