ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BEBASIS GUIDED INQUIRY
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas-aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPA 4 dalam pembelajaran fisika
di SMAN 7 Makassar. (2) aktivitas peserta didik kelas XI IPA 4 melalui keterampilan proses di SMAN 7 Makassar (3) keterampilan proses
sains dalam pembelajaan fisika berbasis guided inquiry aktivitas peserta didik kelasXI IPA 4 SMAN 7 Makassar. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriftif dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melibatkan variabel bebas yaitu guided Inquiry dan
variabel terikat yaitu Aktivitas Belajara dan keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta di dik kelas XI IPA
SMA Negeri 7 Makassar dengan sampel di pilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
ketarampilan proses sains dalam bentuk pilian ganda, lembar observasi aktivitas peserta didik.Hasil analisis aktivitas belajar peserta didik dari
6 indikator bahwa sebagian besar peserta didik memiliki aktivitas dalam kategori yang aktif. Analisis Keterampilan Proses Sains peserta didik
dari 7 indikator bahwa peserta didik mampu mencapai indikator ditunjukan pada hasil persenatase. Proses pembelajaran akan menjadi efektif
apabila semua guru bidang studi memperhatikan aktivitas peserta didik. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan dapat melatih
serta mengembangkan keterampilan- keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik
di SMAN 7 Makassar. (2) aktivitas peserta didik kelas XI IPA 4 melalui keterampilan proses di SMAN 7 Makassar (3) keterampilan proses
sains dalam pembelajaan fisika berbasis guided inquiry aktivitas peserta didik kelasXI IPA 4 SMAN 7 Makassar. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriftif dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melibatkan variabel bebas yaitu guided Inquiry dan
variabel terikat yaitu Aktivitas Belajara dan keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta di dik kelas XI IPA
SMA Negeri 7 Makassar dengan sampel di pilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
ketarampilan proses sains dalam bentuk pilian ganda, lembar observasi aktivitas peserta didik.Hasil analisis aktivitas belajar peserta didik dari
6 indikator bahwa sebagian besar peserta didik memiliki aktivitas dalam kategori yang aktif. Analisis Keterampilan Proses Sains peserta didik
dari 7 indikator bahwa peserta didik mampu mencapai indikator ditunjukan pada hasil persenatase. Proses pembelajaran akan menjadi efektif
apabila semua guru bidang studi memperhatikan aktivitas peserta didik. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan dapat melatih
serta mengembangkan keterampilan- keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 54 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.