ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BEBASIS GUIDED INQUIRY

Nur Diana(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas-aktivitas  belajar peserta didik  kelas XI IPA 4 dalam pembelajaran fisika
di SMAN 7 Makassar. (2) aktivitas peserta didik  kelas XI IPA 4 melalui keterampilan proses di SMAN 7 Makassar (3) keterampilan proses
sains dalam pembelajaan fisika berbasis guided inquiry aktivitas peserta didik  kelasXI IPA 4 SMAN 7 Makassar. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriftif  dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melibatkan variabel bebas yaitu guided Inquiry dan
variabel terikat yaitu Aktivitas Belajara dan keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta di dik kelas XI IPA
SMA Negeri 7 Makassar  dengan sampel di pilih kelas XI IPA  4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
ketarampilan proses sains dalam bentuk pilian ganda, lembar observasi aktivitas peserta didik.Hasil analisis aktivitas belajar peserta didik dari
6 indikator bahwa sebagian besar peserta didik memiliki aktivitas dalam kategori yang aktif. Analisis Keterampilan Proses Sains peserta didik
dari 7 indikator  bahwa peserta didik mampu mencapai indikator ditunjukan pada hasil persenatase. Proses pembelajaran akan menjadi efektif
apabila semua guru bidang studi memperhatikan aktivitas peserta didik. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan dapat melatih
serta mengembangkan keterampilan- keterampilan  yang dimiliki oleh peserta didik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.