Level Pemahaman Epistemologis Fisika Mahasiswa Jurusan Fisika

Aeman Hakim(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


“Keyakinan tentang pengetahuan” dan pengetahuan itu sendiri berpotensi menjadi penentu penting kinerja intelektual. Tidak
mengherankan bahwa apa yang orang yakini tentang perolehan pengetahuan mempengaruhi cara kerja dalam kehidupan mereka sendiri,
variabel ini selanjutnya kita sebut dengan Pemahaman Epistemologis. Fungsi perkembangan yang mendasari pencapaian pemahaman
epistemologis yang matang adalah adanya kordinasi dimensi subjektif dan objektif dari pengetahuan, di mana ini dapat diukur dengan
menggunakan intrumen Epistemological Understanding Assessment (EUA). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui level pemahaman
epistemologis untuk disiplin ilmu fisika bagi Mahasiswa Jurusan Fisika. Penelitian dilakukan dengan menggunakann instrument EUA yang
telah diterjemahkan oleh peneliti. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Jurusan Fisika semester akhir. Berdasarkan data yang diperoleh dan
berdasarkan rekam jejak aktivitas labortorium mahasiswa, terlihat bahwa level pemahaman epistemol ogis fisika mahasiswa yang aktif di
laboratorium berada pada level Evaluatist, sementara mahasiswa yang tidak aktif di laboratorium berada pada level Multiplist dan Realist.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.