Pengembangan Modul Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis profil modul Fisika berbasis STEM pada pembelajaran fisika yang valid, menganalisis kepraktisan modul Fisika berbasis STEM serta menganalisis efektivitas keterlaksanaan modul Fisika berbasis STEM untuk mengukur hasil belajar Fisika peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 5 Wajo dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang. Penelitian dilakukan dikelas sebanyak 4 (empat) kali pertemuan pada materi Fluida Statis. Modul Fisika berbasis STEM yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analyze, design, development, implementation and evaluation. Modul Fisika yang dikembangkan kemudian diuji validitasnya dengan menggunakan indeks kesepakatan pakar Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Fisika berbasis STEM, instrumen respon praktisi dan instrumen tes yang dikembangkan memperoleh nilai koefisien validitas isi di atas 0,4 yang berarti berada dalam kategori Valid. Modul Fisika berbasis STEM dinyatakan efektif yang ditunjukkan dari hasil belajar fisika dengan persentase 89% berada di atas nilai KKM.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 155 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.