Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design with pre-test-and post-test. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA SMAN 6 Mataram tahun ajaran 2017/2018 dengan teknikĀ pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah diukur melalui tes uraian. Hasil analisis data menggunakan uji-t independent dengan taraf signifikansi 5% berbantuan IBM SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 139 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.