Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

Syarful Annam(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design with pre-test-and post-test. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA SMAN 6 Mataram tahun ajaran 2017/2018 dengan teknikĀ  pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah diukur melalui tes uraian. Hasil analisis data menggunakan uji-t independent dengan taraf signifikansi 5% berbantuan IBM SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.