PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMAS TAHFIZHUL QUR’AN IMAM ASY-SYATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH GOWA
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika kelas XI MIPA 2 SMAS Tahfizhul Qur’an Imam Asy- Syathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 SMAS Tahfizhul Qur’an Imam
AsySyathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Kelas XI MIPA 2 ini memiliki 30 siswa laki-laki . Penelitian Tindakan kelas ini mengikuti rancangan model John Elliot (Sunendar, Tatang : 2008) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus melalui 4 tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,3 % dan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,7 % . Pada siklus I, observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik dan pada siklus 2, observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbantuan video pembelajaran dan tutorial dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa
AsySyathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Kelas XI MIPA 2 ini memiliki 30 siswa laki-laki . Penelitian Tindakan kelas ini mengikuti rancangan model John Elliot (Sunendar, Tatang : 2008) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus melalui 4 tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,3 % dan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,7 % . Pada siklus I, observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik dan pada siklus 2, observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbantuan video pembelajaran dan tutorial dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 136 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.