Hubungan Kecerdasan Logis-matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Parepare

Muh Nurqamarullah(1*), Ahmad Yani(2), Usman Usman(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan logis-matematis dan kemampuan pemecahan masalah fisika serta hubungan antar keduanya. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 78 orang dari 83 populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kecerdasan logis-matematis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 16 soal serta tes kemampuan pemecahan masalah fisika berupa tes uraian sebanyak 10 soal yang telah memenuhi koefisien konsistensi internal. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa rata-rata skor kecerdasan logis-matematis peserta didik berada pada kategori sedang dan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah fisika berada pada kategori sedang. Hasil analisis korelasi product moment pada taraf nyata  menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.