Hubungan Kecerdasan Logis-matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Parepare
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan logis-matematis dan kemampuan pemecahan masalah fisika serta hubungan antar keduanya. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 78 orang dari 83 populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kecerdasan logis-matematis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 16 soal serta tes kemampuan pemecahan masalah fisika berupa tes uraian sebanyak 10 soal yang telah memenuhi koefisien konsistensi internal. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa rata-rata skor kecerdasan logis-matematis peserta didik berada pada kategori sedang dan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah fisika berada pada kategori sedang. Hasil analisis korelasi product moment pada taraf nyata menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 129 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.