Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Arduino Uno Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 Majene

Abdul Wahab(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Praktikum fisika berbasis Arduino Uno dilakukan agar memberikan wajah baru pembelajaran praktikum KIT IPA menjadi sebuah praktikum yang menyesuaikan perkembangan teknologi 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian experimental yang bertujuan untuk menganalisis: (1) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode praktikum fisika berbasis Arduino Uno pada kelas X MIA MAN 1 Majene. (2) kemampuan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan menggunakan metode praktikum fisika berbasis Arduino Uno pada kelas X MIA MAN 1 Majene. Desain penelitian yang digunakan adalah Post test-Only Control Grup Design. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA MAN 1 Majene. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, tes keterampilan proses sains, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar observasi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.

Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif untuk kelas yang menggunakan pembelajaran praktikum fisika berbasis Arduino Uno setelah dilakukan tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan pemahaman konsep diperoleh nilai diatas rata-rata nilai KBM yang ditetapkan madrasah. Sedangkan kelas yang menggunakan praktikum fisika berbasis KIT IPA setelah pemberian tes keterampilan proses sains dan tes pemahaman konsep diperoleh nilai dibawah rata-rata nilai KBM. Untuk variabel keterampilan proses sains dan pemahaman konsep diperoleh nilai t hitung > t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar menggunakan metode praktikum fisika berbasis Arduino Uno dengan peserta didik yang diajar menggunakan praktikum fisika berbasis KIT IPA pada kelas X MIA MAN 1 Majene. Implikasi penelitian ini yaitu : disarankan bagi peneliti memperluas materi mikrokontroler dan source code sehingga memberikan tantangan kepada peserta didik menerapkan praktikum fisika berbasis Arduino Uno menjadi penerapan praktikum fisika berbasis Internet Of Things (IoT).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.