Efektivitas Penggunaan Gambar dalam Soal Tes Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 9 Makassar

Nur rahmatulllah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Penelitian ini adalah True- experimental research dengan desain penelitian posttest only control grup design yang bertujuan untuk; 1) menganalisis perbedaan hasil tes fisika yang menggunakan soal-soal dilengkapi gambar dengan yang tidak dilengkapi gambar pada peserta didik; 2) menganalisis keefektifan penggunaan gambar dalam soal tes hasil belajar fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Makassar dengan sampel yang dipilih secara rambang, yaitu peserta didik kelas XI MIA 7 yang menggunakan soal-soal dilengkapi gambar sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIA 6 yang menggunakan soal-soal tanpa dilengkapi gambar sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik lebih mudah memahami soal-soal yang dilengkapi gambar dari pada yang tidak dilengkapi gambar. Dari hasil tes yang telah dilakukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan soal-soal dilengkapi gambar dengan yang menggunakan soal-soal tanpa dilengkapi gambar serta penggunaan gambar dalam soal tes hasil belajar fisika efektif dalam menilai hasil belajar dengan kategori sedang.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.