Pemanfaatan Software Simulasi dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik kelas XI SMAN 9 Makassar

Rezqi Sri Saleko Putri(1*), Ahmad Yani(2), Bunga Dara Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk : (1).Untuk mengetahui hasil belajar fisika yang diajar me nggunakan media software simulasi pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada tahun ajaran 2017/2018.(2) . Untuk mengetahui hasil belajar fisika yang diajar menggunakan software konvensional pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada tahun ajaran 2017/2018.(3). Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika yang diajar menggunakan media software simulasi dan yang diajar menggunakan software konvensional pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi–experimental. Adapun sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara sample proporsif sampling. Instrumen penelitian yakni media pembelajaran software simulasi dan tes hasil belajar dan data yang diperoleh diolah menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis data untuk kelas eksperimen memperoleh skor 24,9 dalam kategori tinggi dan untuk kelas control memperoleh skor 22,7 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1). Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA 6 SMAN 9 Makassar dengan menggunakan media pembelajaran software simulasi berada pada kategori sedang (2). Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA 7 SMAN 9 Makassar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis software konvensional berada pada kategori sedang. (3). Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 6 dan XI MIA 7 pada SMAN 9 Makassar dengan memanfaatkan media pembelajaran software simulasi dengan media pembelajaran software konvensional.

Kata kunci: software simulasi, hasil belajar

 

The research aims to: (1). To find out the physics learning outcomes taught using simulation software media for students of class XI MIA SMAN 9 Makassar in the academic year 2017/2018 (2). To find out the learning outcomes of physics taught using conventional software in class XI MIA SMAN 9 Makassar students in the academic year 2017/2018 (3). To find out the differences in physics learning outcomes taught using simulation software media and those taught using conventional software in XI MIA SMAN 9 Makassar students in the 2017/2018 school year. The research method used is a quasi-experimental method with design. The sample of this study were two classes, namely class XI MIA 6 as an experimental class and class XI MIA 7 as a control class selected by proportional sampling. The research instrument is a learning media simulation software and learning outcomes tests and the data obtained are processed using descriptive statistical analysis and inferential statistics. Based on the results of data analysis for the experimental class obtained a score of 24.9 in the high category and for the control class obtained a score of 22.7 in the medium category. Based on the research results obtained that (1). Physics learning outcomes of students in class XI MIA 6 SMAN 9 Makassar using simulation software learning media are in the medium category (2). The physics learning outcomes of the XI MIA 7 students of SMAN 9 Makassar using conventional software-based learning media are in the medium category. (3). There is a significant difference between the learning outcomes of students in class XI MIA 6 and XI MIA 7 at SMAN 9 Makassar by using simulation software learning media with conventional software learning media.

Keywords: simulation software, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Azhar, A. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto. 2002. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, Esa N.W. 2013. Teori belajar & pembelejaran. Jakarta: AR-BUZZ MEDIA.

Kusnianingsih, L. 2015. Pengembangan Media simulasi menggunakan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar Jurnal Pendidika Fisika.

Ekawati, Y, Haris, A & Amin, B. D. 2016. Penerapan Media simulasi menggunakan PHET (Physisc Education and Technology pada kelas X SMA Muhamammadiyah Limbung. Jurnal Pendidika Fisika, Universitas Negeri Makasar


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.