Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Kabupaten Maros

Indah Lutfiah(1*), Muhammad Arsyad(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah guru Fisika yang mengajar di kelas X. Pemilihan subjek penelitian ini dengan mendata semua guru yang mengajar mata pelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Maros. Hasil penelitian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan meninjau pelaksanaan pendekatan saintifik oleh guru Fisika dalam pelaksanaan pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran Fisika dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMA Negeri Kabupaten Maros yang diwujudkan dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembuatan RPP dalam Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam pelaksanaan pembelajarannya juga belum terlaksana dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Oleh karena itu, guru-guru fisika Kabupaten Maros masih perlu diberikan pelatihan lebih terkait pelaksanaan pendekatan saintifik yang berdampak pada pemahaman guru tersebut yang kemudian berdampak secara signifikan pada proses pembelajaran di sekolah.

Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran.

 

 

This study aims to analyze the implementation of a scientific approach in learning physics at SMA Negeri Maros districts. The subject of this research is the Physics teacher who teaches in class X. The selection of the subject of this study was to record all the teachers who teach physics in the Maros Regency Public High School. The results of the study were analyzed using a qualitative descriptive approach by reviewing the implementation of the scientific approach by the Physics teacher in the implementation of learning. Data in this study were collected through interviews, observations, and documentation. The results showed that the aspects of Physics learning planning using a scientific approach in the Maros Regency High School manifested in the making of the RPP (Learning Implementation Plan) were already good according to the principles and steps of making the RPP in Permendikbud Number 22 of 2016 concerning Process Standards. In the implementation of learning also has not been carried out properly, in accordance with the steps of learning a scientific approach that includes observing, asking, trying, reasoning, and communicating. Therefore, Maros Regency physics teachers still need to be given more training related to the implementation of a scientific approach that impacts on the understanding of these teachers which then significantly impacts the learning process at school.

Keywords: Scientific Approach, Learning.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Depdiknas, 2003.

Flick, L. B., & N. B. Lederman, Science Inquiry and Nature of Science: Implication for Teaching, Learning and Teacher Education, New York: Springer, 2006.

Depdikbud, Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016.

Fathurrohman, M, Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global, Yogyakarta: Kalimedia, 2015.

Marchin, A, Implementasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran materi pertumbuhan, Jurnal pendidikan IPA Indonesia (JPII), Vol (3), 2014, No (1): 28-35.

Kuspriyanto, B., & Siagian, S, Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 2013, 134–258.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.