Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar

Yusriani Yusriani(1*), Muhammad Arsyad(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif bertujuan menganalisis kesulitan guru, faktor-faktor penghambat, dan upaya mengatasi kesulitan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek di SMAN Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam model pembelajaran berbasis proyek yakni, alokasi waktu yang dibutuhkan melampaui jam pelajaran, ketersediaan alat dan bahan terbatas, guru masih asing dengan sintaks model pembelajaran berbasis proyek, dan guru kurang dapat menentukan proyek yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun faktor-faktor penghambat yakni, membutuhkan biaya yang cukup banyak, guru tidak  pernah mendapatkan pelatihan terkait model pembelajaran berbasis proyek, tidak tersedia LKPD berbasis proyek, guru merangkap jabatan, administrasi guru banyak, peserta didik tidak mandiri, dan penilaian menghabiskan banyak waktu. Upaya mengatasi kesulitan guru yakni, pengerjaan proyek yang belum rampung di sekolah dilanjutkan di rumah, guru harus kreatif dan inovatif memanfaatkan sumber daya, pemanfaatan TIK untuk monitoring, merancang LKPD berbasis proyek, pemanfaatan TIK untuk penilaian, dan pemberian tambahan alokasi waktu.

Kata kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Berbasis Proyek, Fisika.

 

 

This research is a descriptive qualitative research aimed at analyzing teacher difficulties, inhibiting factors, and efforts to overcome teacher difficulties in implementing project-based learning models in Makassar City High School. Data collection techniques namely, interviews, questionnaires, and documentation. The results showed that the difficulty of teachers in the project-based learning model that is, the allocation of time needed beyond the hours of learning, the availability of limited tools and materials, teachers are still unfamiliar with the syntax of project-based learning models, and teachers are less able to determine projects that are compatible with the project-based learning model . As for the inhibiting factors namely, it requires quite a lot of cost, the teacher has never received training related to the project-based learning model, there is no project-based LKPD, the teacher has multiple positions, many teacher administration, students are not independent, and the assessment spends a lot of time. Efforts to overcome teacher difficulties, namely, work on projects that have not been completed at school continued at home, teachers must be creative and innovative in utilizing resources, utilizing ICT for monitoring, designing project-based LKPD, utilizing ICT for assessment, and providing additional time allocation.

 Keywords: Teacher Difficulties, Project Based Learning, Physics


Full Text:

PDF

References


Siswanto, Wulyo, S., Ismun, D., & Budi, M, Fisika SMA, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

Wena, M, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, 2011.

Friani, I.F., Sulaiman, & Mislinawati, Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.2, No.1, 2017, (88-97).

Komalasari, K, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Refika Aditama, 2017

Sulisyowati, Implementasi Kurikulum 2013 dan Permasalahannya. Jurnal Mimbar Pendidikan, Vol.43, 2013.

Widiyatmoko, A. & Pamelasari, S.D., Pembelajaran berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.1, No.1, 2012, 51-56.

Sani, R.A, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Bumi Aksara, 2014.

Nurazizah, Kelengkapan Administrasi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum. Artikel Ilmiah, 2015.

Rais, M., Project based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Makalan Disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik UNESA tahun 2010, UNESA, 2010.

Asmi, S., Hasan, M., & Safitri, R., Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.5, No.1, 2017, (20-26).

Hosnan, M, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, 2016.

Yaumi, M., Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan denga Kurikulum 2013, KENCANA, 2014.

Wahyudi, I., Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol.6,No.2, 2013, 187-199.

Sunarti & Rahmawati, S., Penilaian dalam Kurikulum 2013 membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran, ANDI, 2014.

Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1, No.1, 2016, 147-157.

Arafah, K., Arsyad, M., & Helmi. 2018. Penguatan MGMP dalam Membuat Soal Fisika Higher Order Thinking Skill (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018, (448-450).

Titu, M.A., Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 2015.

Prayogo, A.F.D. Keefektifan Penambahan Jam Pelajaran Matematika terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Tambakreja 10 Cilacap Selatan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 7 tahun ke IV, 2015, 1-9.


Article Metrics

Abstract view : 11965 times | PDF view : 1019 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.