Meningkatkan Pemaknaan Materi-materi Fisika melalui Strategi Peta Konsep pada Peserta Didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar Kabupaten Takalar

Cicit Fatimiyah(1*), M. Agus Martawijaya(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Peneltian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemaknaan materi-materi Fisika peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar Kabupaten Takalar melalui strategi peta konsep, dan efektivitas strategi peta konsep untuk meningkatkan   pemaknaan materi-materi Fisika pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar Kabupaten Takalar. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah penugasan luar kelas diakhir pembelajaran berupa peta konsep dan variabel masalah dalam penelitian ini adalah kebermaknaan belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang peserta didik yang kebermaknaan pembelajaran Fisikanya rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diyakini bahwa 4 (empat) orang peserta didik meningkat dari tidak bermakna menjadi sangat bermakna. adapun indikator kebermaknaan belajar fisika adalah (1) mampu menyebutkan defenisi konsep esensial yang dimiliki suatu objek; (2) mengidentifikasikan konsep sesuai dengan peristiwa/ situasi nyata; (3) mengklasifikasikan objek sesuai dengan karakteristiknya sesuai konsepnya; (4) memberikan contoh dari suatu konsep dalam kehidupan sehari-hari; (5) menerapkan konsep yang dimiliki pada peristiwa/situasi nyata; dan (6) menyimpulkan konsep yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan indikator diatas dapat dikatakan sudah memenuhi indikator dari kebermaknaan belajar fisika melalui strategi peta.

 Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Peta Konsep, Kebermaknaan Belajar, Variabel Tindakan dan Variabel Masalah

 

It is a class action research research (PTK) or Classroom Action Research aimed to determine the improvement of the use of physical materials for students of class XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar District Takalar through concept map strategy, and the effectiveness of concept map strategy to improve the use of physical materials in students grade XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar Regency. The action variables in this study are the assignments outside the class at the end of learning the concept map and the problem variables in the study are the meaninglessness of learning. The subject in this study was 4 (four) learners who had the meaninglessness of Physikanya low learning. Based on the results of research and discussion, it can be believed that 4 (four) learners are increasing from meaningless to meaningful. The meaningfulness of the Physics Learning Indicator is (1) able to mention the concepts of the essential concept belonging to an object; (2) Identifying the concept in accordance with the actual events/situations; (3) Classify objects according to their characteristics according to the concept; (4) Provide an example of a concept in everyday life; (5) Apply a concept that is owned on a real event/situation; and (6) conclude the concept attributed to daily life. Based on the indicator above it can be said to meet indicators of the meaningfulness of learning physics through map strategy.

Keywords: Research class actions, concept map, learning meaninglessness, variable actions and problem variables


Full Text:

PDF

References


Ausubel, D. (1978). Educational psychology: a cognitive view. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Dahar, R. W. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Novak, J. D. & Gowin, D. B. (2006). Learning how to learn. New York: Cambridge University Press.

Muslich, M. (2011). KTSP: pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, M. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.