Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Analisis melalui Metode Tutor Sebaya Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Makassar

Darmiana Darmiana(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) SMA Negeri 8 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis melalui metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Makassar yang berjumlah 32 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan data hasil tes,. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap validasi perangkat pembelajaran berupa RPP, buku siswa, LKPD dan soal/ instrument tes. PTK ini dilaksanakan dalam tiga  siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sampai pada siklus III  pembelajaran menggunakan  metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis Hasil kemampuan menyelesaikan soal mengalami peningkatan yang signifikan, pada siklus I adalah 53,12 % atau 17 orang yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai kelas 67,44, pada siklus II adalah 68,75 % atau 22 orang yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai kelas 76,38 dan pada siklus III adalah 81,25% atau 26 orang yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 79,16 sehingga standar keberhasilan kelas telah terpenuhi pada akhir siklus ketiga. Hasil analisis dapat dijelaskan bahwa pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan  menyelesaikan soal-soal analisis.

 Kata kunci: Metode Tutor Sebaya, Soal-soal Analisis

 

This research aims to improve the ability to solve analytical problems trough peer tutoring methods.This type of  research is classroom action  research (PTK). The subjects of this study were classroom students XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Makassar which numbered 32 people.data collection techniques using test result data. Data analysis technique is done by validating the learning device in the form of lesson plans for student LKPD books  and questions or test instruments.PTK this is carried out three cycles.The results showed that the cycle I trough cycle III learning using peer tutoting methods can improve the ability to solve analytical problems. The results of the ability to solve problems experienced a significant increase, in cycle I is 53,12% or 17 people who have been declared complete with an average grade 67,44, in cycle II is 68,75% or 22 people who have been declared complete with an average grade 76,38,  and or cycle III is 81,25% or 26 people who have been declared complete with an average grade 79,16. So that the standard of class success has been met at the end of the third cycle.The result of the analysis can be explained that learning through the peer tutoring method can improve the ability to solve analytical problems.

 Keywords:  Peer Tutoring Methods, Analysis Questions


Full Text:

PDF

References


Azizah. R, Y. Lia, L.eny. 2015. Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Oleh Siswa SMA. JPFA

Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2015. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives, Agung Prihantoro (Penerjemah), Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ekowati,E, 2004. Model-Model Pembelajaran Inovatif Sebagai Solusi Mengakhiri Dominasi Pembelajaran Guru, Makalah Workshop Rencana Program dan Implementasi Life Skill SMA Jawa Timur.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.