Peningkatan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Melakukan Percobaan melalui Metode Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Makassar

Ankhaerati Ankhaerati(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan melakukan percobaan melalu metode Eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik  kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kelas X SMK Negeri 4 Makassar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara peserta didik. Teknik analisis yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan melakukan percobaan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase sikap ilmiah dan keterampilan melakukan percobaan peserta didik tiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase sikap ilmiah siswa 65%, di, siklus II meningkat menjadi 68%.dan siklusIII meningkat lagimenjadi 75%. Presentase ketercapaian keterampilan melakukan percobaan pada siklus I sebesar 65% pada siklus II meningkat menjadi 70%,dan disklus III meningkat lagi menjadi 74%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan metode eksperimendapat meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan melakukan percobaan peserta didik kelas X TKJ SMKN 4 Makassar.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Metode Ekperimen, Sikap Ilmiah, Keterampilan Melakukan Percobaan

 

This study aims to improve scientific attitudes and skills in conducting experiments through the Experimental method. This research is a Classroom Action Research which consists of three cycles. In each cycle consists of four stages, namely action planning, action implementation, observation, and reflection. The research subjects were students of Computer and Network Engineering (TKJ) Class X SMK Negeri 4 Makassar competency in odd semester 2019/2020. Data collection techniques through observation, and interview students. The analysis technique used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that the application of experimental methods to learning physics can improve scientific attitudes and skills in conducting student experiments. This can be seen from the average percentage of scientific attitudes and the skills to experiment students each cycle, in the first cycle the average percentage of scientific attitudes of students 65%, in the second cycle increased to 68% and cycle III increased again to 75%. The percentage of achievement skills in conducting experiments in the first cycle by 65% in the second cycle increased to 70%, and the third cycle increased again to 74%. Based on the results of this study indicate that learning physics with experimental methods can improve scientific attitudes and skills in conducting experiments on class X TKJ 4 Makassar students.

Keywords : Classroom Action Research, Experimental Methods, Scientific Attitudes, Experimental Skills

Full Text:

PDF

References


Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Subekti, Ariswan. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Volume 2.

Murwani, Wibowo. 2013. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dengan metode Eksperimen lapangan dan Eksperimen Laboratorium terhadap aprestasi abelajar Siswa Kelas X SMA N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS)

Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam pembelajaran Sains SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Surabaya: Kata Pena.

Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profeional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung Rosa: Cetakan ke 9.

Priyono, J. 2000. Analisis Tentang "What Is Science". Dalam Resensi Buku Archie J. Bahm (hal.1). Semarang: Universitas Diponegoro.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah Dalam pembelajaran sains. Jurnal Pelangi Ilmu Volume 2.

AsikBelajar 2013, 08 16 Rangkuman Tentang Metode Pembelajaran Ekperimen.. Dipetik 09 09, 2019, AsikBelajar. https://www.asikbelajar.com/pengertian-metode-eksperimen/


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.