Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Makassar

Evi Yuliati(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Ilmiah Pada  Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilakukan di SMA Negeri 4 Makassar, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis  melalui pendekatan ilmiah pada pembelajaran fisika. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Makassar pada Tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil dengan jumlah peserta didik 36 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:(1) Data hasil tes  keterampilan berpikir kritispeserta didik yang diajar dengan menerapkan pembelajaran melalui Pendekatan ilmiah, yang diberikan  pada setiap akhir siklus. (2) Data tentang aktivitaspeserta didik  dalam mengikuti proses belajar diambil selama proses pembelajaran berlangsung dalam tindakan  dengan menggunakan lembar observasi.Rata-rata persentase aktivitas peserta didik pada setiap siklus meningkat. Siklus I aktivitas peserta didik 58% artinya ada 21 peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran dan 15 peserta didik yang tidak aktif dalam proses pembelajaran. Siklus II aktivitas peserta didik 79% artinya  ada 28 peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran dan 8 peserta didik yang tidak aktif dalam proses pembelajaran. Siklus III  aktivitas peserta didik 86% artinya ada 31 peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran dan 5 peserta didik yang tidak aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan peserta didik terhadap pendekatan ilmiah yang dilakukan meningkat dilihat dari peningkatan respon positif peserta didik terhadap situasi yang diberikan dari siklus I, siklus II dan siklus III.  Aktivitas guru pada setiap siklus meningkat berturut-turut pada siklus I sebesar 73,30%, pada siklus  II sebesar 76,23%, dan pada siklus III sebesar 88,10%.  Hasil tes keterampilan berpikir kritis memperlihatkan nilai rata-rata  siklus I sebesar 57,49. Pada siklus II meningkat sebesar 68,86 dan siklus III meningkat lagi sebesar 78,64. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan  bahwa pendekatan ilmiah meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Makassar.

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pendekatan ilmiah

 

Increased Critical Thinking Skills Through Scientific Approaches in Physics Learning of Students of Class XI Science 5 of SMA Negeri 4 Makassar. This research is a classroom action research conducted at SMA Negeri 4 Makassar, which aims to improve critical thinking skills through a scientific approach to learning physics. The subjects of this study were students of class XI IPA 5 of SMA Negeri 4 Makassar in the odd semester 2019/2020 academic year with a total of 36 students. Data collection techniques used in this classroom action research are: (1) Data on the results of students' critical thinking skills tests taught by applying learning through the scientific approach, which is given at the end of each cycle. (2) Data about the activities of students in following the learning process is taken during the learning process takes place in action using observation sheets. The average percentage of student activity in each cycle increases. Cycle I 58% of student activity means that there are 21 students who are active in the learning process and 15 students who are not active in the learning process. Cycle II 79% student activity means that there are 28 students who are active in the learning process and 8 students who are not active in the learning process. Cycle III 86% of student activities means that there are 31 students who are active in the learning process and 5 students who are not active in the learning process. The activeness of students towards the scientific approach that is carried out increases seen from the increase in students' positive responses to the situation given from cycle I, cycle II and cycle III. Teacher activity in each cycle increased consecutively in cycle I by 73.30%, in cycle II by 76.23%, and in cycle III by 88.10%. The results of the critical thinking skills test showed an average value of the first cycle of 57.49. In cycle II it increased by 68.86 and cycle III increased again by 78.64. Based on these results the researchers concluded that the scientific approach improved the critical thinking skills of students in class XI IPA 5 in SMA Negeri 4 Makassar.

 Keywords: Critical Thinking Skills, Scientific Approach

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Makassar

Full Text:

PDF

References


Bagian Kurikulum SMA Negeri 4 Makassar (2019). Nilai Rata-rata Kelas X. Tahun pelajaran 2018/2019.

Beyer, B. K. 2008. What research tells us about teaching thinking skills. . The Social Studies, 99(5), 223-232.

Rudinow, J., & Barry, V. E. 2008. Invitation to critical thinking. Cengage Learning.

Ennis. 1996. A Consept of critical thinking Harvard educational review.

Burden, P. R. 2007. Methods for effective teaching. Meeting the needs of all students: Pearson.

Khaeruddin. 2018. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Gowa: Pusaka AlMaidah.

PGSM, A. T. 1999. Diagram Alur PTK.

Ratumanan, G.T. & Laurens. (2011). Evaluasi hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Panduan Perangkat Kurikulum 2013 edisi revisi . 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.