Persepsi Peserta Didik Terhadap Pola Pembelajaran Guru Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Gowa

Indri Gayatri Patangke(1*), M. Agus Martawijaya(2), Pariabti Palloan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik terhadap pola pembelajaran guru fisika kelas XI SMA Negeri 1 Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gowa. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi partisipan dan wawancara selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa persepsi peserta didik terhadap pola pembelajaran guru fisika berdampak positif. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pola pembelajaran guru fisika kelas XI SMA Negeri 1 Gowa sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: persepsi peserta didik, pola pembelajaran guru fisika

 

This research is a qualitative research that aims to find out how the student’s perceptions of the learning patterns of physics teacher class XI SMA Negeri 1 Gowa. This research was conducted in SMA Negeri 1 Gowa. Data of research result is obtained by doing participant observation and interview then analyzed by descriptive qualitative. Based on the analysis results obtained that the perception of learners on the pattern of learning physics teachers have a positive impact. So it can be stated that the learning pattern of physics teacher of class XI SMA Negeri 1 Gowa is very suitable to be applied in physics learning.

Keywords: perception of student, the pattern learning of physics teacher


Full Text:

Pdf

References


Adinegara. 2010. Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development(ZPD).Tersedia:http://dlog.Unnes.ac.id/adinegara/2010/03/04/vygotskian-perspective-proses-scaffolding-untuk-mencapai-zone-of-proximal-development-zpd/. (diunduh 2 Oktober 2017).

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali, H. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hill, F. Winfred. 2014. Teori-Teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi dan Signifikasi. Bandung: Nusa Media.

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. 2011. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nooraini Binti Othman. (2002). Gaya Hidup Sebagai Ciri Personaliti, Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya Dan Hubungannya Dengan Pencapaian Akademik. Universiti Teknologi Malaysia: Tesis Sarjana.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Setyanto, Ardi, N. 2017. Interaksi Dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sukardjo dan Komarudin, Ukim. 2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | Pdf view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.