Deskriptif Kesesuaian Perangkat Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 oleh Guru Mata Pelajaran Fisika di SMAN Se-Kabupaten Bone

Jumran Jumran(1*), Muhammad Qaddafi(2), Ali Umar Dani(3), Anas Irwan(4),

(1) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(3) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(4) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang membahas penelitian Rencana Rancangan Pembelajaran Pembelajaran (RPP) oleh guru mata pelajaran fisika di SMAN Se-Kabupaten Bone yang sesuai dengan format perangkat Rencana Pengembangan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. Populasi penelitian ini adalah semua SMA Negeri se-Kabupaten Tulang yang pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 yang diambil 5 sekolah. Subyek penelitian ini adalah guru fisika SMA Negeri di Kabupaten Bone yang menguji 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dalam bentuk daftar ceklis, dan dokumentasi.

Kata Kunci: Rencana Perangkat Pembelajaran, Kurikulum 2013.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang ditujukan untuk penelitian kesesuaian antara pembelajaran dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh guru mata pelajaran fisika di Sekolah Umum Kabupaten Bone sesuai dengan format rencana pelatihan pelatihan kurikulum 2013. Populasi penelitian adalah semua sekolah yang berusaha untuk itu. Negara-negara di Kabupaten Bone telah menyetujui dalam pelatihan kurikulum 2013 yang membantah 5 sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri di Bone, percobaan 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dalam bentuk daftar periksa, dan dokumentasi. .

Kata kunci : Rencana Alat Belajar, Kurikulum 2013.

Full Text:

Pdf

References


Hadi, S. 2004. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2014 Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Penddidikan Nasional. Sekretariat Negara: Indonesia.

Republik Indonesia. 2007. Permendikbud no. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan. Sekretariat Negara: Indonesia.

Republik Indonseia. 2015. Peraturan Pemerintahan no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara: Indonesia.

Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan Cetakan I. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | Pdf view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.