Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik yang Menggunakan LKPD Pertanyaan Pengarah Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar

Shally Rahmawaty(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah pre-experimental research dengan desain One-Shot Case Study yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan dengan LKPD pertanyaan pengarah di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar; Variabel penelitian adalah LKPD pertanyaan pengarah sebagai variabel bebas, kemampuan menarik kesimpulan sebagai variabel tak bebas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa secara umum gambaran kemampuan menarik kesimpulan peserta didik yang diajar dengan LKPD pertanyaan pengarah berada dalam kategori sangat baik.

Kata kunci:  pertanyaan pengarah, kemampuan menarik kesimpulan

 

This study is pre-experimental with one-shot case study design which aims to describe the ability of students in making conclusion using prompting question worksheet grade XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar; The research variable were prompting question in worksheet as independent variable, ability of making conclusion as dependent variable. The subjects of this research are students at grade XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar Academic Year 2017/2018. Data analysis technique used in this research is descriptive statistic. Based on the results of descriptive analysis it was found that in general the ability to make the conclusions of students who were taught with prompting questions worksheet was in the very good category.

 Keywords: prompting question, ability to make conclusion


Full Text:

Pdf

References


Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Rahman, T., & Rochintaniawati, D, Efektivitas Pertanyaan Pengarah terhadap Penguasaan Konsep dan Retensi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 2, No. 2, Desember 2001.

Harlen. W, The Teaching Science in Primary Education. London: David Fulton Publisher. 1991.

Nasution, Didatik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Riduwan, Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta, 2009.

Usman. M. U, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Dewi, N. Perbandingan Kemampuan Membuat Kesimpulan antara Siswa yang Menggunakan LKS Pertanyaan Pengarah dengan Siswa yang Menggunakan LKS Tanpa Pertanyaan Pengarah, Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI, Bandung: Tidak diterbitkan, 2007.

Mia, R. Pengaruh Pertanyaan Pengarah Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Membuat Kesimpulan pada Konsep Pencemaran Air, Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI, Bandung: Repository.upi.edu, 2012.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | Pdf view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.