Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama

Afdalia Afdalia(1*), Muhammad Arsyad(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq untuk peserta didik SMP yang valid; (ii) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq SMP; (iii) mendeskripsikan respon guru terhadap penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq SMP; (iv) mengukur efektifitas penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq untuk peserta didik SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini diimplementasikan di SMP Negeri 2 Tinambung kelas VIII A. Pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD), penilaian pakar, kuesioner dan tes hasil belajar, kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan validasi pakar melalui uji Gregory. Sehingga modul ini layak digunakan dalam pembelajaran IPA Fisika. Implementasi modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq dalam proses pembelajaran mendapat nilai respon positif dari peserta didik ditinjau dari segi penggunaannya. Selain itu, modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq mendapat nilai respon sangat positif dari guru ditinjau dari kebermanfaatan modul dalam proses pembelajaran. Analisis tes hasil belajar peserta didik menunjukkan efektivitas penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq tergolong efektif dengan kategori sangat baik. Kebermaknaan efektif dengan kategori sangat baik menyatakan keberhasilan penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq berdasarkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Perolehan hasil belajar yang mencapai ketuntasan sebanyak 76% peserta didik memaknai keefektifan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq dari segi penggunaannya dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: modul pembelajaran, kearifan lokal, Sandeq

 

Abstract – The study aims at (i) describing the result of Physics Science learning module development based on Sandeq local wisdom for students in SMP which is valid, (ii) describing the students’ response on the use of Physics Science learning module based on Sandeq local wisdom in SMP, (iii) describing the teacher’s response on the use of Physics Science learning module based on Sandeq local wisdom in SMP, and (iv) measuring the effectiveness of the use of Physics Science learning module based on Sandeq local wisdom in SMP. This study is research and development which referred  to ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. The study was implemented at SMPN 2 Tinambung in grade VIIIA. Data were collected through Focus group Discussion (FGD), assessors’ assessment, questionnaire, and learning outcomes test. Data were then analyzed by using descriptive analysis. The results of the study reveal that Physics Science learning module development based on Sandeq local wisdom is stated as valid and reliable based on the validation by the assessors by using Gregory’s test. Therefore, the module is feasible to be applied in Physics Science learning. The implementation of Physics Science learning module development based on Sandeq local wisdom in learning process obtains positive response by the students based on the using aspect. The Physics Science learning module development based on Sandeq local wisdom obtains positive response as well by the teacher based on the benefit of module in learning process. The analysis of the learning outcomes test indicates that the effectiveness of the use of Physics Science learning module development based on Sandeq local wisdom is categorized as effective with very good category. The effective meaningfulness categorized as very good indicated the success of using Physics Science learning module based on Sandeq local wisdom based on the achievement of learning objectives. The achievement of the mastery of learning outcomes by 76% of students meant that effectiveness of Physics Science learning module based on Sandeq local wisdom on the aspect of its use in learning process.

Keywords: learning module, local wisdom, Sandeq


Full Text:

Pdf

References


H. B. Bafirman. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkses, Pertama. Ed. Jakarta, Kencana, 2016.

Hukumonline.com, Program dalam Inpres Gerakan Nasional Revolusi Mental. 2017. Website: http://www. hukumonline.com/berita/baca/lt58747faf1bd8e/5-program-dalam-inpres-gerakan-nasional-revolusi-mental, diakses

tanggal 5 Mei 2018.

Seputar Bandung Raya, Apa itu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)?. 2017. Website: www.seputarbandungraya .com/2017/04/apa-itu-penguatan-pendidikan-karakter.html, diakses tanggal 16 Juli 2018.

Nadlir, M. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal., vol. 2, 2016, pp 299-330.

Amrullah, M. Representasi Makna Simbolik dalam Ritual Perahu Tradisional Sandeq Suku Mandar di Sulawesi Barat, PhD Thesis, 2015.

W. Suastra. Model Pembelajaran Fisika untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali, JPI, vol. 2, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung, Alfabeta, 2017.

Widoyoko, S. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

A. M. Yusuf, Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Jakarta, Kencana. 2017.


Article Metrics

Abstract view : 515 times | Pdf view : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.