Pengembangan Pembelajaran Fisika Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual)

Istiqama Abdi(1*), Helmi Abdullah(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain pembelajaran fisika berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual). Bentuk pengembangan yang dilakukan adalah dengan membuat desain pembelajaran fisika. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri atas analysis, design, development, implementation dan evaluation. Model ADDIE merupakan prosedur pengembangan yang dilakukan dengan menghasilkan sebuah produk pembelajaran fisika berbasis SAVI. Tahap analisis dilakukan pada analisis peserta didik. Analisis yang dilakukan dengan melihat keragaman belajar peserta didik. Adapun hasil analisis gaya belajar menunjukkan bahwa peserta didik dominan pada gaya belajar visual. Perolehan persentase gaya belajar visual yaitu 42%, auditori 32% dan kinestetik 23%. Hal ini menjadi dasar pada tahap desain. Pembelajaran fisika didesain dengan melibatkan keseluruhan gaya belajar dalam kegiatan pembelajaran. Tahap selajutnya adalah tahap pengembangan yang membuat sebuah produk yaitu langkah- langkah pembelajaran fisika berbasis SAVI. Tahapan pembelajaran yang digunakan yaitu pemberian motivasi, orientasi, penyajian informasi, pembagian kelompok, membimbing, menyajikan, refleksi dan evaluasi. Selanjutnya, langkah- langkah pembelajaran fisika berbasis SAVI dituangkan dalam perangkat pembelajaran yang divalidasi dan siap digunakan.

Kata Kunci: pembelajaran fisika, SAVI, gaya belajar, langkah- langkah pembelajaran fisika

 

This study aims to design physics learning based on SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual). The form of development carried out is to create a physics learning design. The development model used is ADDIE which consists of analysis, design, development, implementation and evaluation. The ADDIE model is a development procedure that is carried out by producing a SAVI-based physics learning product. The analysis phase is carried out on the analysis of students. Analysis conducted by looking at the diversity of student learning. The results of the analysis of learning styles show that students are dominant in the visual learning style. The percentage of visual learning styles is 42%, auditory 32% and kinesthetic 23%. This is the basis at the design stage. Physics learning is designed by involving the whole learning style in learning activities. The next stage is the stage of development that makes a product, the SAVI-based physics learning steps. The stages of learning used are motivation, orientation, presentation of information, division of groups, guiding, presenting, reflection and evaluation. Next, the SAVI-based physics learning steps are outlined in a learning device that is validated and ready for use.

Keywords: physics learning, SAVI, learning styles, physics learning steps

Full Text:

Pdf

References


Severinus, D. 2013. Pembelajaran Fisika Seturut Hakekatnya serta Sumbangannya dalam Pendidikan Karakter Peserta didik. Seminar Nasional 2nd Lontar (ISBN:978-602-8047-80-7.).

Hartono, R. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Purnama, Tiara, dkk. Pengaruh Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 11(2). 155-160.

Ismiyati. 2014. Pengaruh Penerapan Model SAVI Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VIII MTSN Kelapa Hilalang, Padang Pariaman. Jurnal Fisika;2 (1) , 140.

Gilakjani, A. P., & Ahmadi, S. 2011. The Effect of Visual, Auditory, and Kinaesthetic Learning Styles on Language Teaching. International Conference on Social Science and Humanity. IPEDR. 5(1),pp, 104.

Fitrianingsih. 2014. Penerapan Pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 30.

Kurniati, Annisa. 2016. Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual,Intelektual) dalam Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang. Pillar Of Physic Education; 8, 01-08.

Fatmawati, & Rusdiana, D. 2015. Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI yang Menggunakan Metode Brainstorming terhadap Konsistensi Konsepsi dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta didik SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 , IV (2339-0654).

Ginting, S. M., & Amir, H. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Somatik Auditori Visual Dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II. Exacta , X NO.1 (1412 - 3617).


Article Metrics

Abstract view : 86 times | Pdf view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.