Penerapan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMA Negeri 17 Makassar

Anugrah Anugrah(1*), Salamang Salmiah Sari(2), Agustinus Jarak Patandean(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen di SMA Negeri 17 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 7 SMA Negeri 17 Makassar yang berjumlah 25 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan proses sains berupa post test. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik kelas X MIA 7 SMA Negeri 17 Makassar Tahun Ajaran 2017/2018 setelah diajar dengan metode eksperimen diperoleh sebesar 17,92 dengan nilai standar deviasi 2,31 dan berada pada kategori sangat.

Kata kunci: keterampilan proses sains, metode eksperimen, pembelajaran fisika

 

This research is a pre-experimental research method to describe science process skills of students in physics. The implementation of learning method was based on experiment learning process in the Senior High School of 17 Makassar. The subjects of this research are 25 students of X MIA 7 class of Senior High School of 17 Makassar. The independent variable of this research is experimental learning method, and the dependent variable is science process skills . The data of research were obtained by giving a post-test of science process skills. The analysis technique of data is descriptive statistics. The result showed that the average score of science process skills of students is 17,92 and the deviation  standard score is 2,31 after the implementation of the experimental learning method. The score category is excellent.

Keywords: science process skills, experimental learning method, physics learning

Full Text:

Pdf

References


Asminah, D. R. (2010). Pembelajaran fisika dengan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri training ditinjau dari kemampuan awal dan aktifitas siswa. Tesis, unpublished. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Zulfatin, F.L. 2014. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Dalam Kegiatan Praktikum Materi Elastisitas Yang Dinilai Menggunakan Penilaian Kinerja. Jurusan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia.

Salamah, et al. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri pada Materi Kalor. Jurnal pendidikan Sains Indonesia Vol. 05, No.1, hlm 59-65.

Ridwan. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Seminar Nasional Universitas Pendidikan Indonesia Bandung tahun 2014.

Roestiya N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Safitri, Winda. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inquiry Pada Sistem Koloid. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UIN Syarif Hidayatullah.

Harlen, W. 1999. Purposes and Procedures for Assessing Science Process Skills. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 6(1), 129–144. https://doi.org/10.1080/09695949993044.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.59 Tahun 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Retrieved from .https://suaidinmath.wordpress.com/2014/09/10/permendikbud-tentangkurikulum-2013-sekolah-menengah-atasmadrasah-aliyah//

Semiawan, C., Tangyong, A. F., Belen, S., Matahelemual, Y., & Suseloardjo. (1986). Pendekatan Keterampilan Proses: Bagiamana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Dario, A.G. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta. PT Indeks.

Riduwan, 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Hadma. Y, et al. 2012. Pembalajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari sikap ilmiah dan kemampuan analisis. Jurnal iquiri Vol. 1 no 3. Tahun 2012.

Subekti & Ariswan, 2016. Pembelajaran dengan Metode eksperimen untuk meningkatkan Hasil belajar Kognitif dan keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi pendidikan IPA, 2(2), 2016, 252-261


Article Metrics

Abstract view : 194 times | Pdf view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.