Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Tugas Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika Matematika

Dewi Hikmah Marisda(1*), Yusri Handayani(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Fisika Matematika (FISMAT) merupakan mata kuliah wajib prodi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar yang mengkaji fenomena Fisika dengan menggunakan matematika sebagai alat bantu menyelesaikan fenomena fisika tersebut. Adanya ketidakseragaman kemampuan matematika dasar mahasiswa menjadi salah satu penyebab penguasaan materi Fisika Matematika di kalangan mahasiswa masih kurang, yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar Fisika Matematika mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peningkatan hasil belajar fisika matematika mahasiswa sebelum dan setelah diajar menggunakan model pembelajaran Kolaboratif Learning berbasis tugas. Tahapan-tahapan pelaksanaan penelitian meliputi: pertama, tahap identifikasi materi, analisis materi, merancang instrument penelitian yang berupa soal pre-test dan post-test serta perangkat penelitian lainnya, uji coba yang dilanjutkan dengan revisi instrumen; kedua, pelaksanaan penelitian, pemberian pre-test, penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis tugas, dan pemberian post-test; ketiga, analisis data dan simpulan. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian secara deskriptif menunjukkan nilai rerata pre-test 65,57; nilai rerata post-test menunjukkan nilai 80,12; dan nilai Gain sebesar 0,39 yang menunjukkan bahwa nilai Gain berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Fisika Matematika (FISMAT) mahasiswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis tugas.  Luaran dari penelitian ini adalah publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi atau prosiding nasional yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

 Kata kunci: Fisika Matematika, Hasil Belajar, Pembelajaran Kolaboratif, Tugas.

 Mathematical Physics (FISMAT) is a compulsory subject in the Physics Education Study Program at the University of Muhammadiyah Makassar that examines Physics phenomena by using mathematics as a tool to solve these physical phenomena. The lack of uniformity in students’ basic mathematical abilities is one of the causes of mastery of Mathematical Physics material among students is still lacking, which is marked by the low learning outcomes of Mathematical Physics students. The purpose of this study is to analyze the improvement in mathematics physics learning outcomes of students before and after being taught using the task-based collaborative learning model. The stages of research implementation include: first, the stage of material identification, material analysis, designing research instruments in the form of pre-test and post-test questions as well as other research tools, trials that are continued with instrument revisions; second, conducting research, providing pre-test, applying task-based collaborative learning models, and providing post-tests; third, data analysis and conclusions. The data obtained will be analyzed qualitatively and quantitatively. The results of descriptive research data analysis showed the pre-test mean value of 65,57; the mean post-test showed a value of 80,12 and gain value of 0, 39, which indicates that the gain value is in the medium category. Based on the results of the study it can be concluded that an increase in students’ learning outcomes in Mathematical Physics (FISMAT) after being taught by using a task-based collaborative learning model. The output of this research is scientific publications in accredited national journals or national proceedings held by the postgraduate University of Makassar State.

 Keywords: Collaborative Learning, Learning Outcomes, Mathematical Physics, Task.


Full Text:

PDF

References


D. H. Marisda, The Effect of Task-Based Collaborative Learning on Students’ Mathematical Physics Learning Outcomes at Universitas Muhammadiyah Makassar, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, vol. 7, no. 2 2019, pp. 140–150.

N. Sulistyawati and D. Zuchdi, Implementasi Teknik Pembelajaran Kolaboratif dengan Variasi Media untuk Peningkatan Hasil Belajar Di SMPN 2 Kalijambe, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 3, no. 1, 2016, pp. 50.

M. Hosnan, Pendekatan Saintific dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, 1st ed, Ghalia Indonesia, Bogor, 2016.

H. Nisa, Disman, and D. Dahlan, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis, Manajerial, vol. 3, no. 5, 2018, pp. 157–166.

R. W. Bahar, Teori-teori Belajar & Pembelajaran, PT. Gelora Aksara Pratama, Bandung, 2011.

Purnamawati dan H. Jaya, Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Melalui Pendekatan CSCL (Computer Supported Collaborative Learning) Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 3, no. 2, 2016, pp. 167–186.

N. Suryani, Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa, Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2010, vol. 8, no. 2.

Nashruddin dan Roslina, Pemberian Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, 2019, 3 (1), pp. 1-13.

Fitriana, H. Juraid, dan C. Kapile, Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IVB SD Inpres Lolu Kecamatan Sigi Biromaru, Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2018, vol. 6, no. 7, pp. 0–13.

H. Aldila, dan M. Mulyanratna, Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maospati, Inovasi Pendidikan Fisika, 2013, vol. 2, no. 2, pp. 49–54.

D. H. Marisda, Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Keperawatan Medis melalui Model Pembelajaran Langsung Berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018, vol. 6, no. 2, pp. 155.

Jumiatun, A. Samad, dan Ma'ruf, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik pada Model Pembelajaran Langsung Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019, vol. 4, no. May, pp. 185–196.


Article Metrics

Abstract view : 1024 times | PDF view : 391 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.