Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika

Mirnasari Mutmainna(1*), Muhammad Arsyad(2), Bunga Dara Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan design penelitian pretest One-group pretest-posttest yang bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) hasil belajar fisika peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing; 2) hasil belajar fisika peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing; 3) peningkatan skor hasil belajar fisika sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar fisika. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 4 SMA Negeri 11 Makassar dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok momentum impuls dan getaran harmonis sederhana berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis N-gain. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori rendah dan setelah diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sedang. Analisis N-gain menunjukkan bahwa Peningkatan skor hasil belajar fisika sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori rendah.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar fisika

This research is a pre-experimental research design pretest One-group pretest-posttest which aims to describe; 1) the students’s results of physics learning before applied physics learners guided inquiry learning model; 2) the students’s results of physics learning after applied learners guided inquiry learning model; 3) increase of physics learning result score before and after being taught by using guided inquiry learning model. The independent variable is the guided inquiry learning model, while the dependent variable is the result of learning physics. Subjects in this research were class X MIA 4 SMAN 11 Makassar with the number of students 30 people. Data were obtained by providing test results to learn the subject matter of impulse and momentum in the form of simple harmonic vibration pretest and posttest. Yes data analysis techniques with descriptive analysis and N-gain. Based on the results obtained descriptive analysis of the students learning results prior to application of guided inquiry learning model was in the low category and after being taught using guided inquiry learning model in middle category. N-gain analysis shows that learning outcomes Improved scores before and after being taught physics by using guided inquiry learning model are in the low category.

 Keywords: guided inquiry, physics learning result


Full Text:

Pdf

References


I. M. Tangkas, Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura, Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 2012.

Chew. C, Professional Development of Inservice Science Teachers in Singapore: The Inquiry-Based Approach, Paper 2nd Internasional Conference on Science Education and Theacher Professional Development, Bali, 2011.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

N. Kamisari, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Watangsoppeng, Makassar: Tidak Diterbitkan, 2013.

Trianto, Model-model Pembalajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

W. Budiada, Pengaruh Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(2), 2011.

N. L Dewi, N.Dantes, & I. W. Sadia, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA, Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 2013.

A. Purwanto, Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika, Jurnal Exacta, 10(2), 2012, 133-135.

E. Maretasari, B. Subali, & Hartono, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa, Unnes Physics Education Journal, 1(2), 2012.

I. Sahriani, M. Arsyad, & M. Maruf, Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Tandur Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 1 Bungoro, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 2016, 112-126.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | Pdf view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.