Penggunaan E-Modul Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik

Saparuddin Saparuddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kemandirian belajar merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21. Kemandirian belajar adalah suatu sikap peserta didik dengan keinginan dalam belajar yangdidorong oleh keinginan sendiri. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian minat belajar peserta didik adalah dengan ketersediaan bahan ajar seperti modul atau e- modul. Berdasarkan penelitian Analisis Kesulitan Siswa di SMAN 03 Makassar ditemukan bahwa 61% siswa di kelas X Mipa 4 mengalami kesulitan dalam meningkatkan motivasi belajar secara mandiri. Oleh karena itu, E-Modul dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesulitan belajar mandiri siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan E-Modul dalam upaya meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan pendekata nkualitatif dengan metode penelitian literasi review atau studi kepustakaan. Berdasarkan beberapa referensi yang telah dianalisis bahwa melalui penggunaan e-modul dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar peserta didik.

 

Kata kunci: E-Modul, Motivasi, Kemandirian Belajar

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.