Kevalidan Bahan Ajar Infografis Berbasis Potensi Lokal dan Infografis Pada Materi Biologi Kelas X SMA/MA.

Fitria Ramadana(1*), Muhammad Khalifah Mustami(2), Muhiddin Palennari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Infografis Berbasis Potensi Lokal pada materi biologi kelas X SMA/MA yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development/ R &D), yang mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall, yang terdiri dari tahapan research and information collecting (pencarian dan pengumpulan data), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), preliminary field testing (uji coba lapangan awal), main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal), operational field testing (uji coba lapangan operasional), final product revision (penyempurnaan produk akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan bahan ajar secara keseluruhan berada pada kategori valid (4,34). Memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai respon guru adalah (79%) dengan kategori praktis dan respon peserta didik adalah (78%) dengan kategori praktis. Memenuhi kriteria efektif dengan nilai rata-rata peserta didik (93,75%) dengan kategori efektif. Dengan demikian bahan ajar berbasis potensi lokal dan infografis yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan,Infografis, Berbasis Potensi Lokal.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.