Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Peserta Didik SMPN 2 Maros Kelas VII

Rina Yusrina(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline  yang valid, praktis dan efektif, menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan serta keterkaitan antara kepraktisan dan keefektifan pada produk pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline  pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Peserta Didik SMPN 2 Maros Kelas VII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap kegiatan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data validitas multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 4,7 berada pada kategori valid. Hasil angket respon guru dengan persentase nilai rata-rata total 88,90 dengan kategori respon sangat positif dan respon peserta didik dengan persentase nilai rata-rata total 83,90 berada pada kategori respon sangat positif. Persentase kelulusan peserta didik sebesar 90  berada pada kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline , yang dikembangkan menggunakan model ADDIE telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.

Kata kunci : Multimedia, Interaktif, Articulate Storyline , , Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.